Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Berhenti Lakukan 6 Hal Ini Saat Kerja dari Rumah, Demi Efektivitas

Topcareer.id – Mungkin kamu mulai merasakan bahwa bekerja dari rumah membuatmu tak punya waktu banyak untuk hal lain. Terus menyeimbangkan lingkungan kerja baru dan gangguan lain di rumah bisa jadi sangat sulit.

Memaksimalkan waktu sekarang lebih penting daripada sebelumnya, jadi sangat penting untuk menemukan cara baru membatasi gangguan saat WFH. Berikut hal-hal yang harus kamu hentikan sekarang untuk meluangkan waktu dan memungkinkanmu bekerja lebih efisien saat kerja di rumah, seperti dalam The Ladders.

1. Media sosial

Pertimbangkan untuk meng-uninstal pemasangan semua aplikasi media sosial dari ponsel atau menyetel batas waktu layar dalam setelan ponsel. Kamu mungkin hanya secara tidak sadar menyadari betapa mengganggu notifikasi terbaru. Kamu mungkin juga menghabiskan terlalu banyak waktu tanpa tujuan untuk menelusuri feed media sosialmu.

2. Memeriksa email

Kecuali kamu mengharapkan email penting datang hari ini, jangan repot-repot membuka inbox pribadi. Bukan hal yang aneh bagi kebanyakan orang untuk menerima lusinan email atau penawaran promosi yang tidak perlu setiap hari. Selain itu, kamu tidak perlu memeriksa email kantor setiap lima menit.

Jumlah waktu yang kamu habiskan untuk membuka dan menyegarkan inbox secara dramatis memengaruhi produktivitasmu karena kamu harus kembali ke arus pekerjaan sebelumnya.

3. Meeting yang tidak perlu

Kadang, orang-orang terus-menerus mengundangmu ke rapat yang tidak memberikan nilai tambah pada pekerjaan dan tidak berdampak pada alur kerjamu. Jangan takut untuk dengan sopan mengatakan “tidak, terima kasih,” dan jelaskan bagaimana waktumu dapat dihabiskan dengan lebih baik tanpa gangguan.

4. Menggunakan sticky note

Berhenti menggunakan catatan tempel (sticky notes) dan siapkan software manajemen tugas seperti Trello atau Asana. Kamu dapat menggunakannya untuk mengelola semua proyek pekerjaanmu, baik secara profesional maupun pribadi. Ini juga cara yang bagus untuk berkolaborasi dengan tim atau pasangan.

5. Tetap memakai piyama

Ini mungkin terdengar sangat nyaman, tetapi banyak ahli yang bekerja dari rumah percaya bahwa mandi dan memiliki rutinitas pagi yang ‘normal’ itu penting di mana pun kamu berada. Meskipun hal ini sulit bagi sebagian orang, memiliki rutinitas dapat membantumu tetap fit secara mental untuk hari itu. Melanjutkan untuk ‘bersiap-siap’ di pagi hari juga dapat membuatmu merasa normal.

6. Bekerja dari sofa

Kamu harus mendedikasikan ruang untuk rumah-kantor dan berhenti bekerja dari sofa. Jika kamu tidak menyukai rumah-kantor saat ini, cobalah ruang kerja yang berbeda setiap hari di mana pun kamu dapat menyediakan ruang hingga kamu menemukan ruang kerja yang paling produktif. Apa pun masalahnya, penting untuk melakukan yang terbaik agar kamu tetap merasa segar dan berenergi setiap hari.**(RW)

Leave a Reply