Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

8 Etika Menggunakan Teknologi bagi Para Pencari Kerja (Bagian 1)

Sumber foto: Student Life Online

Topcareer.id – Dengan kemajuan teknologi digital, saat ini banyak perusahaan beralih ke sumber online untuk perekrutan karyawan.

Dalam hal ini kamu sebagai perncari kerja perlu menguasai seni berkomunikasi secara efektif melalui email dan portal elektronik lainnya untuk meningkatkan kesuksesan pencarian pekerjaanmu.

Banyak etika yang sama berlaku dalam komunikasi elektronik seperti yang kamu gunakan saat menulis lamaran kerja hard copy.

Kamu perlu mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi dan beretika menggunakan teknologi, untuk memastikan calon pemberi kerja mendapatkan pesan yang kamu kirimkan.

Berikut ini etika yang harus kamu perhatikan saat melamar pekerjaan secara online.

Bagian pertama dari artikel:

Alamat email
Pemberi kerja melihat alamat email yang kamu gunakan untuk menerima resume kamu dan menanggapi lowongan pekerjaan. Untuk membuat kesan pertama yang profesional, gunakan alamat email yang tidak menyertakan kata atau frasa yang tidak pantas, seperti menggunakan bahasa gaul, aneh dan sulit dieja.

Gunakan akun email terpisah yang profesional untuk mengirim semua korespondensi pencarian pekerjaan melalui akun itu.

Baca juga: Situs Media Sosial Terbaik untuk Mencari Kerja

Subject line
Subject line adalah klausa atau kalimat yang agak pendek untuk menerangkan isi konten, berada tepat di bawah nama pengirim, yang biasa terlihat pada kotak masuk ketika menerima email. Perekrut sering kali menghapus pesan email jika mereka tidak dapat mengonfirmasi identitas pengirim.

Untuk menghindari ini, gunakan subject line untuk memperkenalkan email kamu. Sertakan nomor posting pekerjaan perusahaan di baris subject atau cukup tulis “Melamar pekerjaan,” sehingga penerima akan membuka email kamu meskipun dia mungkin tidak mengenali alamat email kamu.

Pengaturan waktu
Salah satu keuntungan menggunakan opsi elektronik untuk suatu lowongan kerja adalah bahwa pemberi kerja dapat memindai dan merekrut pekerja dengan cepat tanpa harus menunggu lama.

Tanggapan cepat menunjukkan antusiasme kamu untuk posisi tersebut dan dapat menempatkan kamu di depan orang lain yang tidak membalas dengan cepat. Tanggapan dalam waktu kurang dari 24 jam dianggap etiket yang tepat untuk semua komunikasi bisnis.

Target
Untuk menonjol dari banyak pencari kerja, lakukan riset. Temukan nama dan email langsung pihak terkait yang tepat dan dapat kamu kirimkan surat lamaran langsung. Tak hanya mengirimkan email secara umum, kamu juga harus mengirimkan surat pengantar dan pertanyaan pekerjaan yang ditargetkan secara pribadi melalui saluran elektronik.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply