Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

8 Etika Menggunakan Teknologi bagi Para Pencari Kerja (Bagian 2)

Dok. Fashioners

Topcareer.id – Dengan kemajuan teknologi digital, saat ini banyak perusahaan beralih ke sumber online untuk perekrutan karyawan.

Dalam hal ini kamu sebagai perncari kerja perlu menguasai seni berkomunikasi secara efektif melalui email dan portal elektronik lainnya untuk meningkatkan kesuksesan pencarian pekerjaanmu.

Banyak etika yang sama berlaku dalam komunikasi elektronik seperti yang kamu gunakan saat menulis lamaran kerja hard copy.

Kamu perlu mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi dan beretika menggunakan teknologi, untuk memastikan calon pemberi kerja mendapatkan pesan yang kamu kirimkan.

Berikut ini etika yang harus kamu perhatikan saat melamar pekerjaan secara online.

Bagian kedua dari artikel:

Presentasi
Perekrut semakin beralih ke situs media sosial untuk menyelesaikan pemeriksaan latar belakang. Presentasi media sosial kamu harus bebas dari konten yang tidak ingin dilihat oleh pemberi kerja. Tidak boleh ada komentar dan gambar kasar, opini politik, dan penggunaan narkoba atau alkohol.

Baca juga: Situs Media Sosial Terbaik untuk Mencari Kerja

Panjang pesan
Meskipun kamu harus menggunakan bahasa dan nada profesional yang sama dalam surat lamaran elektronik seperti yang kamu lakukan dalam permintaan salinan cetak, perekrut yang menggunakan email dan internet akan lebih memilih tanggapan singkat.

Jangan gunakan singkatan untuk mengirim pesan tetapi buat catatan dan tanggapan kamu secara singkat, padat dan jelas, serta langsung pada intinya.

Kesimpulan
Berikan informasi sebanyak mungkin dengan cara yang ringkas dengan setiap korespondensi email. Untuk menghemat waktu perekrut mencari semua informasi kontak kamu, buat tanda tangan standar yang kamu sisipkan di akhir setiap email. Cantumkan nama, nomor telepon dan alamat. Tambahkan link atau tautan ke situs media sosial kamu dan situs terkait lainnya.

Wawancara
Setelah kamu mendapatkan kesempatan wawancara, kamu harus terus mempertahankan etiket teknologi yang tepat untuk mengamankan pekerjaan. Selama wawancara, ponsel kamu harus tetap mati atau disetel untuk silent.

Kamu perlu memberikan perhatian penuh kepada pewawancara. Melihat pesan atau menerima panggilan selama wawancara adalah tidak sopan dan dapat merugikan kamu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply