Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi Buktikan Face Shield Tak Efektif Lindungi Penyebaran Virus Corona

Topcareer.id – Studi menemukan bahwa tetesan kecil masih dapat dengan mudah bergerak di sekitar sisi pelindung face shield.

Visualisasi terbaru dari penelitian menunjukkan mengapa pelindung wajah dan masker dengan katup pernafasan mungkin bukan penghalang terbaik untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Meskipun pelindung wajah awalnya menghalangi tetesan dari batuk yang disimulasikan, tetesan kecil dapat dengan mudah bergerak di sekitar sisi pelindung dan akhirnya menyebar ke area yang luas, menurut visualisasi yang dirinci dalam sebuah penelitian, Selasa, 1 September 2020 di jurnal Physics of Fluids.

Baca Juga: Face Shield Tak Optimal Tangkal Covid-19 Bila Dipakai Tanpa Masker

Untuk masker dengan katup pernafasan, aliran tetesan bisa lewat tanpa filter melalui katup, yang berarti masker tersebut secara teori hanya sedikit menghalangi penyebaran tetesan yang berpotensi menular.

Simulasi dalam studi baru menunjukkan bahwa face shield dan masker dengan katup pernapasan mungkin tidak seefektif masker biasa dalam membatasi penyebaran tetesan aerosol.

Masker telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari selama pandemi COVID-19. Tetapi beberapa orang beralih ke face shield karena mereka merasa alternatif ini lebih nyaman dipakai untuk jangka waktu yang lama. Face shield juga memiliki keunggulan memungkinkan pengguna untuk menampilkan ekspresi wajahnya.

Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tidak merekomendasikan face shield sebagai alternatif untuk masker kain.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply