Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Kak Seto Berikan Tips Cara Orang Tua Hadapi Anak di Masa Pandemi

Ilustrasi. Dok/Thestatesman.com

Topcareer.id-Akibat pandemi ini, hampir semua siswa melaksanakan proses belajar dari rumah, begitupun dengan para orang tua yang diminta untuk bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan guna meminimalisir penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan itu.

Dari sinilah banyak anak maupun orang tua yang mengeluh. Padahal dengan memiliki pikiran positif dapat menghindarkan kita terserang Covid-19.

Dikutip dari Covid19.go.id pada Senin (5/10/2020), praktisi keluarga dan anak, Seto Mulyadi pun tak segan memberikan tips untuk menyiasati perubahan kondisi di era pandemi.

Baca Juga: Lockdown Akibat Pandemi Covid-19 Berdampak Negatif Pada Anak-anak

Pertama, orang tua harus menyadari setiap orang punya daya adaptasi, kemampuan menyesuaikan diri. Penyesuaian ini sangat penting terutama dalam menghadapi anak yang biasanya bertemu teman di sekolah.

Kedua, orang tua mengedepankan diskusi dengan anak, bukan instruksi layaknya komandan kepada prajuritnya. Sehingga anak akan menemukan kenyamanan saat di rumah.

Ketiga, tidak memaksakan anak untuk mengikuti seluruh materi pelajaran daring yang diberikan sekolah. Kurikulum sekolah yang diberikan pada siswanya ini masih mengacu pada situasi normal sehingga dalam pelaksanaan menimbulkan masalah.

Keempat, orang tua perlu mengapresiasi terhadap bakat dan potensi anak, bukan hanya semata-mata fokus pada pelajaran akademik semata. Apresiasi ini bisa menimbulkan tingkat kepercayaan diri pada anak.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply