Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lima Mitos Seputar Kopi, Sering Dengar yang Mana?

Topcareer.id – Ada banyak rumor yang beredar tentang bagaimana kopi yang lezat itu dapat memengaruhi tubuhmu. Tapi berapa banyak dari mereka yang benar? Misal, kalau minum kopi akan membuatmu terjaga semalaman, atau susah tidur. Apakah ini mitos seputar kopi?

Berikut beberapa mitos soal kopi yang tidak boleh kamu percayai, mengutip dari laman The Ladders.

Mitos 1: Kafein sangat adiktif

Sekarang, mitos ini memang benar, tetapi tidak seburuk kelihatannya. Kafein memang merangsang sistem syaraf pusat dan dapat menyebabkan sedikit ketergantungan. Namun, banyak ahli yang mewaspadai pelabelan kafein sebagai zat adiktif.

Bagi kebanyakan orang, efek penghentian kafein hanya bertahan satu atau dua hari.  Kamu mungkin mengalami beberapa efek tidak nyaman jika kamu berhenti minum kopi. Tapi itu tidak seberapa dibandingkan dengan zat adiktif lainnya – dan dalam beberapa hari, kamu akan kembali normal.

Baca Juga: Kopi, Amankah untuk Wanita Hamil?

Mitos 2: Minum secangkir kopi sore hari akan membuatmu terjaga sepanjang malam

Bagi kebanyakan orang, secangkir kopi setelah makan siang diproses melalui hati dengan kecepatan lebih cepat dari biasanya. Hampir semuanya akan dikeluarkan dari sistem tubuhmu dalam waktu empat hingga tujuh jam.

Nah, jika kamu minum kopi pada jam 7 malam, itu lain cerita. Mungkin bisa beralih ke minuman tanpa kafein atau teh jika kamu membutuhkan sedikit sesuatu setelah makan malam.

Mitos 3: Kamu perlu menggunakan air mendidih untuk membuat kopi

Jika kamu baru saja merebus air di atas kompor, jeda. Beri waktu satu atau dua menit sebelum menuangkannya ke atas bubuk kopi. Jika suhu kopi di atas 200 derajat Fahrenheit, kemungkinan besar ampas kopi akan hangus, membuatnya terasa pahit dan gosong.

“Rebus ketel dan biarkan dingin sebentar. Targetkan sekitar 95 derajat sehingga ekstraksi bekerja dengan baik,” kata ahli kopi Will Corby.

Mitos 4: Kopi akan membantumu sadar dari mabuk

Kalau saja semudah itu! Sayangnya tidak. Meskipun kafein adalah stimulan dan dapat membantumu merasa lebih waspada, kafein tidak memerangi efek alkohol pada sistemmu. Faktanya, ini bisa menjadi lebih buruk bagimu- menyebabkan otak memasuki mode “lawan atau lari”.

”Orang yang mengonsumsi alkohol dan kafein mungkin merasa terjaga dan cukup kompeten untuk menangani situasi yang berpotensi membahayakan, seperti mengemudi saat mabuk atau menempatkan diri mereka dalam situasi sosial yang berbahaya,” lapor The American Psychological Association.

Mitos 5: Kopi dapat membantu menurunkan berat badan

Ini adalah salah satu mitos yang memiliki sedikit kebenaran – tetapi bukan sepenuhnya seperti yang kamu pikirkan. Kafein dapat menyebabkan sedikit peningkatan dalam metabolisme, tetapi itu hampir tidak cukup untuk memengaruhi penurunan berat badan jangka panjang.

Apa yang dilakukan kafein adalah menurunkan nafsu makan, yang dapat membantumu mencapai tujuan diet. Tapi tidak direkomendasikan. Minum kopi saat perut kosong dapat merusak kesehatan dan menyebabkan banyak efek samping negatif termasuk mulas dan gangguan pencernaan yang parah, dan bahkan mungkin tukak lambung.**(RW)

Leave a Reply