Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi Temukan Fakta Baru, Virus Corona Bertahan di Tangan Selama 9 Jam

Topcareer.id – Ada alasan mengapa mencuci tangan sangat penting dalam perang melawan virus corona. Menurut sebuah studi terbaru, novel coronavirus (virus penyebab Covid-19) dapat bertahan di tangan selama beberapa jam.

Sebuah laporan baru yang diterbitkan dalam Clinical Infectious Disease menemukan SARS-CoV-2, virus yang terkait dengan virus corona, dapat bertahan hingga sembilan jam di kulit. Cukup berbeda dengan virus Influenza A, virus ini bertahan hampir delapan jam.

Bahkan pada permukaan lain – seperti baja tahan karat, kaca, atau plastik – waktu bertahan hidup SARS-CoV-2 secara signifikan lebih lama daripada untuk IAV, yang menurut penelitian dapat bertahan di permukaan hingga 11 jam, dibandingkan dengan flu yang lebih pendek, rentang satu setengah jam.

Baca Juga: Cuci Tangan Bantu Cegah Penyebaran Virus Corona. Begini Caranya

Selain itu, SARS-CoV-2 dapat bertahan selama 11,09 jam ketika bersentuhan dengan air liur dan lendir di kulit, tetapi penggunaan perawatan etanol dapat membuat virus tidak aktif dalam waktu 15 detik, menurut penelitian.

“Studi ini menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 mungkin memiliki risiko penularan kontak yang lebih tinggi daripada IAV karena yang pertama jauh lebih stabil pada kulit manusia daripada yang pertama. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa kebersihan tangan yang benar penting untuk pencegahan penyebaran SARS-CoV-2,” kata penelitian tersebut, mengutip laman The Ladders.

Jika kamu membagi hari menjadi sembilan jam, itu pada dasarnya sama dengan jumlah waktu yang kamu habiskan untuk pergi ke tempat kerja dan bekerja sepanjang hari. Jika seseorang tidak mencuci tangan setelah bersentuhan dengan SARS-CoV-2, itu berpotensi menyebabkan wabah di kantor.

Studi tersebut memperingatkan bahwa kelangsungan hidup virus pada kulit manusia mempercepat pandemi, yang telah mengakibatkan lebih dari satu juta kematian di seluruh dunia.

Sejak Maret, para ahli medis telah mengkampanyekan masyarakat untuk melindungi diri dengan mencuci tangan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan agar tangan sering dicuci dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik setelah mengunjungi tempat umum, atau setelah kamu mengeluarkan ingus atau batuk.

CDC mengatakan untuk mencuci tangan dalam situasi ini:

– Sebelum makan atau menyiapkan makanan

– Sebelum menyentuh wajah

– Setelah menggunakan kamar kecil

– Setelah meninggalkan tempat umum

– Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin

– Setelah melepas masker

– Setelah mengganti popok

– Setelah merawat seseorang yang sakit

– Setelah menyentuh hewan atau hewan peliharaan.**(RW)

Leave a Reply