Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ilmuwan: September 2020 Catat Rekor Suhu Terpanas di Seluruh Dunia

Ilustrasi

Topcareer.id – Ilmuwan dari Copernicus Climate Change Service melaporkan bahwa September 2020 adalah bulan terpanas dalam catatan di seluruh dunia, dengan tahun ini ditetapkan menjadi salah satu dari lima terpanas dalam sejarah yang tercatat.

Meningkatnya suhu global yang didorong oleh perubahan iklim telah disertai dengan bencana iklim yang tak terhitung jumlahnya. Hanya tahun ini, kebakaran hutan yang memecahkan rekor menghanguskan AS Barat dan itu menjadi salah satu musim badai Atlantik paling aktif yang pernah tercatat.

Para ilmuwan menegaskan, es laut Arktik juga anjlok ke level terendah kedua yang pernah tercatat karena perubahan iklim menimbulkan korban yang mengkhawatirkan di wilayah tersebut. Para ilmuwan telah memperkirakan bahwa pada pertengahan abad, es Arktik bisa mencair sepenuhnya selama musim panas.

“Kombinasi rekor suhu dan rendahnya es laut Arktik pada tahun 2020 menyoroti pentingnya peningkatan dan pemantauan yang lebih komprehensif di kawasan yang memanas lebih cepat daripada di mana pun di dunia,” kata Carlo Buontempo, direktur layanan Copernicus, mengutip laman CNBC, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Jangan Salah Kaprah, Ini Fungsi Berjemur yang Sebenarnya

Suhu berada jauh di atas rata-rata di banyak wilayah di dunia, termasuk Siberia bagian utara, Timur Tengah, dan sebagian Amerika Selatan dan Australia.

Bulan lalu lebih hangat 0,63 derajat Celcius (1,13 Fahrenheit) dari rata-rata, sehingga lebih hangat 0,05 derajat Celcius (0,09 Fahrenheit) dari September 2019 dan 0,08 derajat Celcius (1,4 Fahrenheit) lebih hangat dari September 2016, yang sebelumnya merupakan September terpanas dan terpanas kedua, menurut analisis agensi.

Hampir dapat dipastikan bahwa tahun 2020 akan menjadi salah satu tahun terpanas, dengan kemungkinan lebih tinggi dari 98% itu akan menempati peringkat lima besar, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, yang juga merilis analisis suhu bulanan.

2019 adalah tahun terpanas kedua, yang mengakhiri dekade terpanas di seluruh dunia. Enam tahun terhangat yang pernah terjadi dalam dekade terakhir.**(Feb)

Leave a Reply