Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Sepenting Apa Vaksin Covid-19?

Dokter Reisa Brotoasmoro. (dok. Detik.com)

Topcareer.id – Saat ini, semua masyarakat tengah menantikan vaksin yang bisa menghindarkan kita dari virus corona. Tapi tahukah kamu, seberapa penting sebenarnya seseorang mendapatkan vaksin, dan apa pengaruhnya bagi penanggulangan wabah suatu penyakit?

Menjawab pertanyaan tersebut, juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan keberadaan vaksin saat ini bisa membuat masyarakat dapat kembali beraktivitas dan kembali produktif seperti dulu kala.

“Vaksin ini membentuk antibodi atas suatu penyakit, sehingga penularan penyakit tertentu dapat dicegah dan orang-orang terlindungi dari wabah. Pada akhirnya, wabah dapat dikendalikan. Itulah kenapa vaksin dan upaya vaksinasi menjadi penting,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Ironis! Demi Vaksin Corona 500.000 Ikan Hiu Terancam Dibunuh

Selain itu, Reisa menyebutkan vaksin ini dapat menciptkan kekebalan komunitas. Dimana vaksin itu tidak hanya melindungi orang yang disuntikkan formula, melainkan orang di sekitarnya juga akan ikut terlindungi.

“Orang-orang yang nantinya mendapatkan vaksin, tidak hanya melindungi dirinya sendiri. Tetapi juga melindungi orang lain di sekitarnya yang mungkin tidak memiliki akses ke vaksin. Maka terciptalah herd immunity, kekebalan kelompok. Jadi semua mendapat perlindungan,” tambahnya.

Artinya, semakin banyak orang-orang mendapatkan vaksin, maka penyebaran penyakit akan semakin sedikit. Dan kalaupun seseorang itu tetap terpapar dengan penyakit tersebut, dengan sudah mendapatkan vaksin, paling tidak penyakit yang dideritanya tidak akan separah jika tidak mendapatkan vaksin.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply