Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips saat Harus Hengkang dari Kantor yang Toxic (Bagian 1)

Dok. 30seconds.com

Topcareer.id – Dilema yang paling sering dihadapi oleh siapapun yang bekerja di kantor yang beracun atau toxic, yaitu tetap bertahan atau pergi.

Jika kamu saat ini berada dalam posisi yang buruk di tempat kerja yang toxic karena perubahan budaya, kepemimpinan, orang, atau beban kerja, hingga sangat memengaruhi kesehatan fisik dan mental kamu, maka mungkin inilah saatnya untuk pergi.

Tapi, pencarian kerja baru pasti akan memakan waktu cukup lama, jadi apa yang bisa kamu lakukan sementara itu?

Berikut beberapa tips untuk bertahan sementara dan bertoleransi sambil menunggu hingga akhirnya bisa meninggalkan tempat kerja yang toxic.

Bagian pertama dari artikel.

Jangan pernah menetap di perusahaan yang toxic terlalu lama
Jangan pernah merasa terlalu nyaman di mana kamu berada karena ketika racun mulai mengotori mu, kamu tidak akan siap dan tidak punya tempat tujuan. Banyak orang merasa begitu nyaman dalam pekerjaan mereka sehingga mereka hanya tinggal dan merasionalisasi apa pun yang dilemparkan kepada mereka.

Selalu berburu pekerjaan baru
Terkait dengan poin di atas, cari pekerjaan baru dan tinggalkan kantor lama kamu secepatnya. Hilangkan kekhawatiran bahwa calon perusahaan baru tidak akan mempekerjakan kamu, hanya karena beberapa tahun/bulan yang singkat di satu pekerjaan.

Baca juga: 7 Perilaku Toxic yang Mematikan Diri Sendiri dan Orang Lain

Beri diri batas waktu untuk pergi
Tingkatkan upaya pencarian kerja dan jika kamu tidak tahan lagi, pertimbangkan untuk berhenti tanpa pekerjaan terlebih dahulu. Nilai sebaik dan sebijak mungkin situasi kamu sendiri saat membuat keputusan ini, karena itu akan selalu berbeda bagi setiap orang. Memberi dirimu batas deadline akan membuat kamu bertanggung jawab atas proses itu.

Jangan pernah berkata, “mari kita tunggu dan lihat apa yang terjadi”
Ketika kamu merasa ada sesuatu yang tidak beres, atau suasana menjadi negatif, segera kirimkan resume kamu ke perusahaan di luar sana dan buat rencana untuk pergi secepatnya.

Apakah kamu mengalami penyakit kesehatan mental atau kesehatan fisik?
Banyak budaya kerja yang beracun adalah penyebab stres yang ekstrem dan tubuh kamu. Ketika masalah kesehatan fisik dan mental mulai muncul, biasanya itu adalah tanda fisiologis atau spiritual bahwa tempat kamu saat ini tidak sehat dan sudah waktunya untuk pergi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply