Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Lambat dalam Bekerja

Topcareer.id – Setiap perusahaan atau kantor sudah pasti dipenuhi dengan karyawan dengan kepribadian masing-masing, serta kualitas yang sangat berbeda-beda.

Beberapa kolega ada memotivasi dan menginspirasi, sementara yang lain memimpin dan mendukung. Bahkan, seorang rekan kerja yang lambat dalam bekerja untuk menyelesaikan tugas dan memenuhi tenggat waktu juga memiliki kekuatan yang mungkin tidak terlihat.

Dia tetap layak mendapatkan rasa hormat yang sama seperti orang lain di dalam tim. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat berurusan dengan mereka.

Fokus pada pekerjaanmu sendiri, bukan pekerjaan orang lain
Tidak peduli seberapa mengganggunya ketika kamu melihat seseorang bekerja lambat, terpaku pada kinerja mereka pada akhirnya akan memengaruhi produktivitasmu juga. Itu hanya membuang-buang waktu dan energi.

Pantau sikap kamu
Pastikan untuk tidak bereaksi terhadap rekan kerja yang lamban dengan amarah, jengkel, atau frustrasi. Ini tidak hanya dapat memengaruhi kinerjamu sendiri, tetapi permusuhan kamu sama tidak produktifnya dengan kemalasan rekan kerjamu. Ditambah lagi sikap buruk akan merugikan dinamika tim.

Baca juga: 5 Kalimat Ini Tanpa Sadar Meremehkan dan Menggurui Rekan Kerja

Bekerja dengan kecepatanmu sendiri, bukan orang lain
Jika kamu bisa menyelesaikan sebuah proyek dalam satu hari, tetapi rekan kerja yang lambat membutuhkan dua hari, jangan mengambil alih. Pertahankan saja kinerja terbaikmu, tidak perlu mengambil pusing pada lambannya kinerja rekan kerjamu. Kamu kemungkinan besar akan diberi penghargaan atas upayamu.

Tentukan tanggung jawab dengan jelas
Terutama ketika kamu dan rekan kerja yang lamban bekerja sama dalam sebuah proyek. Jika rekan kerjamu tertinggal, tahan keinginan untuk mengisi kekosongan. Ini adalah kesempatan sempurna untuk dengan lembut dan diplomatis mengingatkannya tentang tenggat waktu yang akan datang.

Dekati rekan kerjamu
Dekati mereka yang lamban untuk melihat apakah mereka benar memahami bagaimana melakukan tugas yang sedang dikerjakan. Sangat mudah untuk mengambil kesimpulan bahwa seorang rekan kerja lambat atau tidak kompeten. Sebaliknya, kelambanannya mungkin didasarkan pada ketidakpastian. Dengan sedikit bimbingan, dia bisa saja menemukan kesuksesan.

Baca juga: Ini Kalimat Andalan yang Sering Dilontarkan Rekan Kerja yang Narsistik

Jangan asal lapor
Sebaiknya jangan terburu-buru melaoprkan rekan kerjamu yang lamban kinerjanya kepada atasan, kecuali kinerjanya memengaruhi pekerjaanmu secara langsung.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply