Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Instagram vs TikTok, Pertempuran 2 Platform Raksasa di Media Sosial

TikTok vs Instagram. Sumber foto: mediakix.com

Topcareer.id – Kebangkitan aplikasi berbagi video TikTok yang kini menyaingi Instagram dalam hal popularitas, menjadi pengingat bahwa lanskap digital terus berkembang.

Siapa yang dapat memprediksi platform mana yang akan lebih banyak digunakan dalam waktu lima atau sepuluh tahun kedepan?

Meskipun jejaring sosial memiliki banyak perbedaan, sejumlah bintang media sosial muda mulai banyak yang beralih dari Instagram ke TikTok.

Hal ini membuat banyak orang, terutama mereka yang memiliki merek pribadi yang dipertaruhkan, bertanya-tanya media mana yang harus dikejar. Haruskah fokus membuat konten video TikTok, atau menjaga jutaan pengikut Instagram yang sudah terkumpul?

Jika kamu bingung, cek perbandingan Instagram milik Facebook dengan TikTok berikut ini. Mulai dari apa saja yang dilakukan oleh aplikasi tersebut, siapa basis pelanggan utama mereka, hingga siapa yang lebih populer.

Apa yang Instagram dan TikTok lakukan?
Instagram dan TikTok memiliki tujuan yang berbeda. Meskipun Mark Zuckerberg menggambarkan TikTok sebagai “hampir seperti Tab Explore yang ada di Instagram,” pernyataan ini agak salah.

Awalnya diluncurkan sebagai ‘Douyin’ di China, TikTok adalah platform video dan jejaring sosial yang memungkinkan pengguna untuk menonton klip, merekam video hingga 60 detik, mengedit dan mengunggahnya.

Dengan kata lain, sementara Instagram lebih disesuaikan untuk berbagi snapshot tentang kehidupan kamu, TikTok memungkinkan orang untuk memposting suatu klip sebagai hiburan yang berdiri sendiri.

Baca juga: TikTok Dan WeChat Mulai Dilarang Di Amerika Serikat

Siapa penggunanya?
Meskipun jelas ada beberapa yang tumpang tindih, demografi utama kedua aplikasi ini sangat berbeda, baik dalam hal jenis kelamin dan usia. Statistik menunjukkan bahwa 64% pengguna Instagram berusia antara 18 dan 34 tahun, dengan jumlah wanita melebihi pria di platform tersebut.

Menariknya, mayoritas pengguna Instagram memiliki gelar sarjana, menurut penelitian Pew Research Center. Seperti yang dicatat Taylor Lorenz di New York Times, penonton utama TikTok berusia di bawah 18 tahun, yang berarti bintang TikTok itu sendiri juga harus berusia muda.

Charli D’Amelio yang berbasis di Connecticut misalnya, memiliki lebih dari 15 juta pengikut TikTok, dan ia baru berusia 15 tahun.

Mana yang lebih populer?
Instagram mencapai 1 miliar pengguna bulanan yang mengejutkan pada tahun 2018. Pada puncaknya, keterlibatan situs tumbuh sebesar 5% per kuartal, tetapi tingkat ini telah turun secara dramatis. Perkiraan sekarang Instagram hanya bisa mengharapkan untuk melihat tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 3,4%.

Konon, Instagram platform yang melahirkan influencer online masih sangat berpengaruh. Sebuah studi oleh Stern Center for Business and Human Rights NYU bahkan menunjukkan bahwa meme yang diposting di situs media sosial bisa menjadi ancaman yang lebih besar bagi hasil pemilihan presiden 2020, daripada berita palsu di Facebook.

TikTok juga salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia. Aplikasi ini mencapai 1 miliar pengguna hanya dalam waktu dua tahun setelah peluncuran globalnya. Jika tingkat pertumbuhan seperti ini terus berlanjut, itu pasti akan melampaui Instagram.

Tetapi, sebelum beramsusi lebih jauh, coba lihat apa yang dialami Snapchat. Dari situ, coba jawab, adakah kemungkinan popularitas kedua aplikasi raksasa ini menjadi berumur pendek?**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply