Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lima Makanan Selain Sayur yang Bisa Bikin Awet Muda

Topcareer.id – Berbagai cara kadang dilakukan untuk memiliki kulit sehat dan awet muda. Padahal, makan makanan yang nutrisi  dan antioksidan bisa memperbaiki garis-garis halus dan kulit kusam. Itu tidak salah, namun ada beberapa makanan yang lebih mengandung sifat anti-penuaan lainnya.

Selain memberi nutrisi pada kulit dari dalam ke luar, makanan-makanan ini juga memberikan dorongan yang sehat bagi otak. Berikut beberapa makanan bernutrisi yang juga mengandung sifat anti-penuaan, seperti dalam laman The Ladders.

1. Telur

Satu telur mengandung enam gram protein dan sembilan asam amino esensial, yang keduanya diperlukan untuk menjaga dan memperbaiki kulit. Mereka dapat membantu mencegah pembentukan kerutan karena kaya akan antioksidan dan vitamin. Vitamin E melindungi dari radikal bebas yang bertanggung jawab atas kerusakan sel, dan vitamin A membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Selain manfaat kulit, telur mengandung nutrisi penting untuk fungsi dan perkembangan otak, serta pengaturan suasana hati. Mereka kaya akan beberapa vitamin B dan kolin. Kekurangan vitamin B dikaitkan dengan depresi, demensia, dan penurunan mental. Kolin adalah nutrisi yang digunakan tubuh untuk membuat neurotransmitter yang membantu mengatur memori dan suasana hati.

Baca Juga: 6 Makanan Super untuk Wanita Agar Tetap Sehat Selamanya

2. Ikan Salmon

Sifat anti-penuaan pada salmon termasuk lemak omega-3, diketahui dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker kulit. Lemak omega-3 yang baik juga menghidrasi dan meningkatkan membran sel kulit. Nutrisi penambah kulit lain yang dikandung ikan salmon adalah antioksidan yang disebut astaxanthin, yang membantumu terlihat lebih muda dan mencegah kerusakan kulit.

Ada banyak penelitian yang menyoroti manfaat ikan berminyak dan berlemak bagi otak. Sekitar 60% otakmu terbuat dari lemak. Setengah dari lemak itu adalah jenis omega-3. Lemak omega-3 penting untuk pembelajaran dan daya ingat, dan bahkan dapat membantu melindungi dari penyakit Alzheimer.

3. Ubi jalar

Ada manfaat vitamin A, C, dan E untuk anti penuaan kulit yang ditemukan di ubi jalar. Faktanya, antioksidan yang disebut beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A, adalah penyebab warna oranye pada ubi jalar. Diperkirakan bahwa vitamin A membantu mengembalikan elastisitas kulit yang membuat kulit tampak awet muda.

Ubi jalar juga dikemas dengan vitamin B untuk meningkatkan konsentrasi dan kesehatan otak. Untuk bonus tambahan meningkatkan otak, ambillah ubi ungu yang mengandung antosianin untuk mengurangi peradangan dan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

4. Bit

Bit kaya akan vitamin dan mineral dengan kadar vitamin C dan folat yang tinggi. Kadar vitamin C yang tinggi mungkin menjadi alasan mengapa bit sangat terkenal karena sifat anti-penuaannya karena efek menguntungkan vitamin C pada sel-sel kulit. Vitamin C juga telah terbukti membantu dalam melawan jerawat dan hiperpigmentasi.

Bit adalah sumber makanan yang kuat dengan manfaat anti-inflamasi dan kognitif. Folat dan nitrat adalah dua nutrisi paling bermanfaat yang ditemukan dalam bit. Studi menunjukkan bahwa folat dapat menurunkan kedalaman dan keparahan keriput kulit hingga 60%.

5. Daging sapi tanpa lemak

Daging merah mengandung protein / asam amino glisin dan prolin. Studi penelitian menunjukkan bahwa asam amino ini membantu memproduksi kolagen. Nutrisi lain yang ditemukan dalam daging sapi tanpa lemak adalah zinc, yang juga penting untuk membangun kolagen. Jika itu belum cukup, daging sapi juga mengandung antioksidan yang disebut glutathione, yang juga terbukti memiliki manfaat anti-penuaan.**(RW)

Leave a Reply