Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Studi: Tak Semua Orang Mampu Bekerja dari Rumah

Ilustrasi. (dok. Medium)

Topcareer.id – Memaksa hampir semua orang bekerja dari rumah jadi salah satu perubahan terbesar yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Dan hal yang satu ini datang bukan tanpa tantangan. Dan nyatanya tidak semua orang mampu melakukan pekerjaan dari rumah.

“Ini dibangun berdasarkan penelitian saya selama bertahun-tahun, termasuk penelitian selama 2 tahun terhadap perusahaan perjalanan besar China bernama Ctrip, menemukan bahwa bekerja dari rumah membuat karyawan 13% lebih produktif dan 50% lebih kecil kemungkinannya untuk berhenti,” kata Profesor Eberle di Departemen Ekonomi di Universitas Stanford, Nicholas Bloom dalam CNBC Make It.

Namun, kata dia, yang terjadi hari ini di masa pandemi, bekerja dari rumah sangat jauh dari kesuksesan seperti yang disebutkan dari studi Ctrip.  Salah satu yang digarisbawahi Nicholas Bloom, yakni tidak semua orang bisa bekerja dari jarak jauh.

“Dalam studi baru-baru ini yang saya lakukan dengan Atlanta Federal Reserve dan University of Chicago, hanya 65% orang Amerika yang melaporkan memiliki kapasitas internet yang cukup cepat untuk mendukung panggilan video yang bisa diterapkan,” kata Bloom.

Baca juga: Ini 2 Jenis Karakter Orang Saat Bekerja dari Rumah, Kamu yang Mana?

Ia melanjutkan, 50% responden (kebanyakan manajer, profesional, dan pekerja keuangan yang dapat menjalankan pekerjaan mereka di computer) melaporkan dapat bekerja dari rumah dengan tingkat efisiensi 80% atau lebih.

Yang lain memiliki internet yang buruk di rumah, atau tidak sama sekali, sehingga menghalangi kerja jarak jauh yang efektif. Secara keseluruhan, ini menghasilkan bom waktu untuk ketidaksetaraan.

“Hasil kami menunjukkan bahwa karyawan yang lebih berpendidikan dan berpenghasilan lebih tinggi jauh lebih mungkin bekerja dari rumah, jadi mereka terus dibayar, mengembangkan keterampilan, dan memajukan karier mereka,” jelasnya.

Pada saat yang sama, mereka yang tidak dapat bekerja dari rumah (baik karena sifat pekerjaan mereka, atau karena mereka kekurangan ruang atau koneksi internet) akan tertinggal.

Baca juga: Generasi Ini yang Paling Produktif Ketika Bekerja dari Rumah

Mereka menghadapi prospek suram jika keterampilan dan pengalaman kerja mereka terkikis selama penghentian yang berkepanjangan dan seterusnya.**(Feb)

Leave a Reply