Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kalimat Perekrut Ini Bisa Jadi Tanda Gagalnya Wawancara Kamu

Topcareer.id – Sebagai orang yang diwawancarai saat interview pekerjaan, kamu mungkin akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, mencoba menebak apakah manajer perekrutan menyukaimu atau tidak, bahkan setelah wawancara.

Ada beberapa tanda yang dapat memberimu sedikit wawasan tentang apa yang dipikirkan oleh manajer perekrutan. Jadi, jika manajer perekrutan mengatakan 5 hal ini, itu berarti kamu mungkin gagal mendapatkan pekerjaan itu, seperti dalam laman The Ladders.

1. “Kami akan menghubungimu.”

Kalimat ini mungkin tulus, tetapi biasanya berarti, “Saya tidak ingin melukai perasaanmu, tetapi saya tidak berniat menawarkan pekerjaan itu kepadamu.”

“Ketika saya bersemangat tentang seorang kandidat, saya biasanya mengatakan sesuatu yang lebih spesifik, seperti, “Kita akan tahu siapa kandidat teratas pada hari Jumat, dan saya akan memberi tahumu segera setelah saya melakukannya,” kata penulis Ryan Luke.

2. “Kami masih memiliki banyak kandidat lain untuk diwawancarai.”

Mendengar ini biasanya dapat diartikan sebagai, “Jangan terlalu berharap dalam waktu dekat.” Dengan kata lain, manajer memberi tahumu bahwa kamu mungkin tidak akan pernah mendengar kabar dari mereka lagi. Jumlah kandidat yang tidak terbatas perlu diwawancarai, dan jelas, kamu bukanlah orangnya.

Baca juga: Hindari 9 Kesalahan Negosiasi Gaji Ini Saat Wawancara Kerja (Bagian 1)

3. “Dapatkah saya menawarkan beberapa nasihat?”

Jika kamu adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu, kamu tidak membutuhkan nasihat tambahan. Jika manajer perekrutan ingin memberimu nasihat di akhir wawancara, itu berarti mereka pada umumnya menyukaimu, tetapi kamu mungkin gagal mendapatkan pekerjaan dari mereka kecuali kamu melakukan sesuatu yang berbeda.

Jika manajer perekrutan bersedia meluangkan waktu untuk membimbingmu atau menawarkan nasihat gratis, simpanlah dalam hati. Artinya, kamu mungkin memiliki peluang di masa depan jika terus meningkatkan diri.

4. “Kami hanya mempekerjakan orang-orang terbaik untuk posisi tersebut.”

Dengan kata lain, “Jangan kecewa jika kami tidak menghubungimu, kami hanya mempekerjakan yang terbaik dari yang terbaik”. Sekali lagi, sebagian besar manajer perekrutan tidak suka menyakiti perasaan orang lain, tetapi perusahaan tidak dapat mempekerjakan semua orang.

Menyatakan bahwa mereka hanya mempekerjakan kandidat terbaik menyiratkan tidak ada yang salah denganmu, namun kamu tidak lolos perekrutan.

Baca juga: Hindari 9 Kesalahan Negosiasi Gaji Ini Saat Wawancara Kerja (Bagian 2)

5. “Seperti yang kamu ketahui, kami memeriksa profil media sosial setiap pelamar.”

Ketika sebuah pernyataan dimulai dengan cara ini, akhirnya mungkin tidak akan berjalan dengan baik. Memberi tahu pelamar tentang beberapa proses latar belakang yang dilakukan adalah cara untuk mengatakan, “Kamu seharusnya tahu kamu tidak akan lulus proses latar belakang kami.”

Untuk menghindari kesalahan di interview selanjutnya, pastikan untuk memperhatikan apa yang kamu posting secara online di media sosialmu.**(Feb)

Leave a Reply