Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Perlukah Jujur tentang Tawaran Pekerjaan Baru kepada Atasan? Ini Pertimbangannya

Ilustrasi. (dok. iStok)

Topcareer.id – Di era saat ini, keterbukaan tak pelak menjadi budaya baru yang tumbuh di lingkungan kerja. Kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai pemilik jabatan, baik pegawai maupun atasan, semakin memperluas profesionalisme di dalam pekerjaan yang dilakukan.

Salah satu kesadaran yang bisa dirasakan, adalah kenyataan bahwa seorang pegawai tak akan bekerja di sana selamanya. Akan selalu ada tawaran baru dari tempat baru, yang pada akhirnya bisa membuat mereka berisiko keluar, dan pindah ke tempat lain.

Nah, karena itu, sebagai pegawai, bukanlah hal buruk sebenarnya untuk memberi tahu atasan bahwa kamu memiliki jadwal wawancara. Tapi, pastikan wawancara yang kamu sebutkan sudah berjalan setidaknya 80%, dan tanda tangan kontrak sudah berada di tangan kamu. Agar situasi ini tak berbalik menjadi bumerang.

Baca juga: Studi: Tak Semua Orang Mampu Bekerja dari Rumah

Dengan mengutarakan hal tersebut ke atasan, ada beberapa skenario yang bisa terjadi. Atasan mungkin akan menjadwalkan meeting untuk mencoba mempertahankanmu, baik dengan negosiasi gaji baru, atau kebijakan-kebijakan lain yang sekiranya bisa menguntungkanmu.

Di sisi lain, seperti dikutip dari siliconrepublic, kamu jadi tak perlu dihinggapi kecemasan saat bernegosiasi dengan pekerjaan baru, atau harus menyelinap-menyelinap dengan rasa bersalah.

Yang pasti, jika atasan hingga kolega tahu mengenai pencarian kerja kamu, kamu akan merasa berada dalam kerangka berpikir yang benar, untuk melakukan yang terbaik. Terkait dengan pilihan akhirmu nanti.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply