Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Begini Cara Membuat Bisnis Online Kamu Sukses

Sumber foto: noypigeeksSumber foto: noypigeeks

Topcareer.id – Di era digital ini, masyarakat sudah mulai melirik bisnis online. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, berjualan secara online lebih menjanjikan dibandingan dengan berjualan secara konvensional.

Mengapa? Sebab selain lebih efesien dan bisa menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menyewa tempat, berjualan online juga bisa meminimalisir kita terhindar dari virus corona yang tengah menyerang berbagai negara di dunia.

Hal ini karena tidak adanya interaksi langsung antar penjual dan pembeli. Para pedagang pun juga bisa mendapat untung lebih, karena cakupan targetnya bisa menjadi lebih luas dengan modal yang kecil.

Dikutip laman Covid19.go.id, Kamis (15/10/2020), Digital Business Consultant, Tuhu Nugraha tidak segan membagikan lima tips agar jualan online kita bisa laris manis.

Tentukan produk berdasarkan kebutuhan pasar
Tuhu menyarankan agar kamu memulai bisnis yang memang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Sebagai contoh bila kamu senang memasak, cobalah untuk berbisnis makanan atau jika kamu merasa pandai menjahit, buatlah bisnis pakaian.

Namun sebelum itu, sebaiknya kamu melakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tahu kebutuhan pasar. Di sini kamu bisa memanfaatkan fitur polling di Instastory atau pakai fitur “Ask Me a Question” yang tersedia di media sosial kamu, untuk mendapatkan jawaban terbuka tanpa mengeluarkan modal.

Baca juga: Di Masa Pandemi, Bisnis Online jadi Peluang Menggiurkan

Ciptakan keunikan
Jika kamu sudah mengetahui bisnis apa yang akan dijalani, langkah selanjutnya adalah memikirkan keunikan, di mana keunikan bisa membuat kamu mendapatkan costumer baru. Keunikan ini bisa berbentuk banyak rupa. Mulai dari pengalaman ketika pembeli mendapatkan produk, pelayanan, kemasan, tampilan, maupun ceritanya.

Buat cerita yang menarik
Menurut Tuhu apapun bisnisnya, sebuah cerita merupakan hal yang penting. Saking banyaknya produk yang mirip, kehadiran sebuah cerita produk yang kamu jual jadi penting. Tanpa diiringi membangun cerita, biasanya kalah bersaing karena pada umumnya pembeli akan cenderung membeli barang yang paling murah.

Pilih kanal yang tepat untuk berjualan
Dalam berjualan online, kamu harus pintar-pintar memilih kanal yang tepat dengan produk yang kamu jual. Karena saat ini marketplace itu beragam. Misal ada marketplace yang cocok untuk makanan tapi tidak cocok untuk otomotif.

Bangun loyalitas konsumen
Di tips terakhir ini, Tuhu menyarankan agar pengelolaan pelanggan jangan setengah hati. Jika bisnis sudah berjalan, jangan lupa berikan pelayanan yang baik agar pelanggan tidak berpaling. Jadilah penjual yang ramah, responsif, dan informatif. Dengan begitu, pembeli dapat menjadi pelanggan setia kamu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply