Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Bank Indonesia Raih Penghargaan Regulator Makroekonomi Terbaik di Asia Pasifik

Dok: Bank Indonesia

Topcareer.id – Bank Indonesia meraih penghargaan The Best Macroeconomic Regulator in Asia Pacific dari The Asian Bankers. Penghargaan diberikan atas keberhasilan dalam menjaga stabilitas makroekonomi Indonesia di tengah kondisi ketidakpastian yang tinggi akibat pandemi Covid-19.

The Best Macroeconomic Regulator in Asia Pacific award merupakan penghargaan kepada Bank Sentral yang unggul dalam menjalankan perannya menjaga stabilitas makroekonomi.

Award tersebut diselenggarakan oleh The Asian Banker sebagai salah satu penyedia banking intelligence terkemuka sejak 1996 dan telah melakukan penilaian secara regular atas pencapaian bank sentral dan regulator jasa keuangan di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo menyampaikan, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dunia internasional terhadap terjaganya kinerja ekonomi Indonesia dan kuatnya sinergi kebijakan antar-otoritas dalam menjaga stabilitas dan memulihkan ekonomi nasional.

Baca juga: Bank Indonesia: Penjualan Eceran Terus Membaik

“Penghargaan yang diterima ini juga akan meningkatkan kepercayaan pelaku ekonomi terhadap langkah-langkah kebijakan yang ditempuh bersama dalam memulihkan ekonomi pascapandemi Covid-19, serta prospek ekonomi Indonesia yang makin baik,” kata Dody dalam siaran pers, Kamis (15/10/2020).

Penyerahan penghargaan dilaksanakan secara virtual pada Kamis, 15 Oktober 2020 dalam acara Leadership Achievement Award 2020. The Asian Bankers memandang Bank Indonesia telah menunjukkan keunggulan dalam mengelola kinerja makroekonomi.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan keputusan, yakni yang pertama karena kinerja makroekonomi pada 2019 yang baik tercermin antara lain dari pertumbuhan ekonomi yang kuat dan inflasi yang terjaga rendah dan stabil dalam rentang sasaran inflasi selama lima tahun berturut-turut.

 Pertimbangan kedua, prospek perekonomian yang menguat pada 2021 didukung perbaikan ekonomi global dan dampak positif stimulus moneter dan fiskal.

Yang ketiga, yakni sinergi kebijakan yang dilakukan secara nasional dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KKSK) untuk menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi.

Baca juga: Bank Indonesia Catat 3,6 Juta UMKM Gunakan QRIS Sebagai Kanal Pembayaran

Pertimbangan keempat, yakni implementasi kebijakan Bank Indonesia melalui bauran kebijakan akomodatif untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Dan terakhir, penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 oleh Bank Indonesia guna memastikan keberlangsungan tugas dan kelancaran pelayanan publik.

Dalam beberapa tahun terakhir, penghargaan sejenis pernah diterima oleh beberapa bank sentral, yaitu Bank of Japan, Bangko Sentral ng Pilipinas dan State Bank of Vietnam.**(Feb)

Leave a Reply