Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

4 Pertanyaan Seputar Gaji yang Bisa Diajukan dalam Wawancara Kerja

Ilustrasi.

Topcareer.id – Saat wawancara kerja, salah satu topik yang mungkin menonjol bagi kandidat adalah soal gaji. Jika sudah sampai ke tahap ini, banyak pertanyaan yang bisa diajukan untuk memastikan informasi soal gaji ini jelas bagimu.

Berikut adalah lima pertanyaan gaji yang penting kamu ingat dan ajukan selama tahap wawancara, seperti dilansir dari laman The Ladders.

1. Berapa kisaran gaji yang telah perusahaan anggarkan untuk posisi ini?

Ini adalah pertanyaan paling dasar, berguna, dan serbaguna yang dapat kamu keluarkan saat topik gaji muncul. Pertanyaan ini memberimu pengetahuan yang dapat digunakan untuk membingkai harga yang kamu minta, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu fleksibel.

Tips profesional dari artikel Mac’s List tentang subjek ini menyarankan orang yang diwawancarai untuk berhati-hati dengan frasa mereka. Misalnya, katakan “kompensasi” daripada “uang.” Perubahan kecil seperti ini dapat membuat perbedaan besar dalam hal bagaimana pertanyaanmu ditanggapi.

2. Bagaimana angka (gaji) itu ditentukan?

Ini adalah sedikit pertanyaan jebakan, karena kamu sebenarnya tidak bermaksud untuk mendengar jawaban manajer perekrutan dengan sungguh-sungguh. Jika kamu telah melakukan penelitian tentang pekerjaan yang dilamar, kamu akan tahu kisaran gaji umum dari posisi potensialmu di perusahaan serupa untuk mendapatkan kerangka acuan.

Dengan pengetahuan ini, tanggapan pemberi kerja terhadap pertanyaan “bagaimana angka itu ditentukan?” harus memberi tahumu banyak. Jika mereka menawarkan jumlah yang jauh di bawah nilai pasar dan mencoba menjelaskannya dengan mengklaim tarif mereka dihitung secara kompetitif, mungkin saja mereka adalah oportunis yang ingin menipumu.

Baca juga: Alasan Psikologi Kenapa Kita Sulit Wujudkan Resolusi

3. Apakah kenaikan gaji atau promosi sudah direncanakan?

Banyak orang mengikuti wawancara kerja dengan harapan menemukan pemberi kerja yang sesuai dengan mereka dan dapat berkomitmen untuk jangka panjang. Jika kamu salah satu dari orang-orang itu, menanyakan tentang kenaikan gaji dan promosi itu penting, karena jawaban pemberi kerja akan memberi tahu banyak tentang bagaimana masa depanmu akan terpenuhi.

Jika manajer perekrutan atau pewawancara memberi tahu kamu bahwa promosi dan kenaikan gaji bukanlah hal yang biasa, waspadalah itu adalah kalimat kode untuk “kamu akan melakukan pekerjaan yang sama dengan gaji yang sama tanpa batas.”

4. Apakah ada aspek gaji atau tunjangan yang bisa dinegosiasikan?

Bergantung pada bagaimana pemberi kerja menanggapi pertanyaan yang disebutkan di atas, kamu mungkin perlu mencari tahu apakah ada ruang gerak untuk menyusun paket awal yang baik untuk pekerjaan prospektifmu.

Lagipula, jika tawaran awal tidak luar biasa dan perusahaan meningkatkan tekanan dan promosi jarang terjadi, kamu akan terjebak dengan kesepakatan awal untuk sementara waktu, jadi buatlah yang terbaik. Tanyakan apakah ada komponen penawaran yang dapat ditingkatkan agar lebih sesuai dengan kebutuhan.**(Feb)

Leave a Reply