Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Pertanyaan Unik yang Aman Ditanyakan saat Wawancara Kerja

IlustrasiIlustrasi Interview

Topcareer.id – Banyak cara untuk mengesankan calon atasan saat interview pekerjaan. Salah satunya adalah lewat sesi pertanyaan menjelang akhir sesi interview. Sesi ini bisa dijadikan kesempatan untuk menarik perhatian perekrut.

Meskipun kamu mungkin memiliki beberapa pertanyaan dalam pikiranmu soal perusahaan saat ini, kamu mungkin tak terpikirkan soal beberapa pertanyaan unik dan nyeleneh lainnya.

Berikut beberapa pertanyaan unik yang bisa diajukan saat sesi wawancara, seperti dikutip dari laman The Ladders.

1. Apakah perusahaan memiliki rencana pengembangan kepemimpinan?

Saat perusahaan bersaing untuk mendapatkan bakat yang segar, bersemangat, dan inovatif, program pendidikan berkelanjutan menjadi semakin umum. Ketika kamu mengajukan pertanyaan ini, kamu menjelaskan bahwa kamu berdedikasi untuk menjadi yang terbaik yang kamu bisa.

Dengan mengajukan pertanyaan ini, Pakar Karier Wendi Weiner mengatakan kamu tampil sebagai proaktif dan berdedikasi. Dan sebagai bonus, kamu akan mendapatkan kejelasan tentang berapa banyak mereka berinvestasi pada karyawan mereka melalui tanggapan mereka.

2. Apakah ada alasan mengapa kamu yakin saya tidak akan cocok untuk posisi ini?

Meskipun pertanyaan ini jelas bukan pertanyaan yang nyaman untuk ditanyakan, Pakar Karier Amanda Augustine mengatakan bahwa pendekatan yang berani ini dapat membantumu meningkatkan keterampilan wawancara. Saat kamu membuka panggung untuk kritik yang membangun, kamu mungkin akan terkejut dengan betapa terbuka pewawancara memberikan feedback.

“Jika pewawancara berbagi kekhawatiran tentang pencalonanmu, maka kamu memiliki kesempatan berharga untuk mengatasi segala keberatan atau menjernihkan kesalahpahaman tentang kualifikasi saat kamu masih berbicara secara tatap muka,” tambahnya.

Baca juga: 5 Pertanyaan Paling Sering diajukan dalam Wawancara Kerja, dan Cara Menjawabnya

3. Apa yang paling kamu sukai dari budaya perusahaan?

Sebuah pertanyaan umum untuk ditanyakan di akhir wawancara adalah ‘Seperti apa budaya kerja di sini?’ Meskipun ini adalah cara yang bagus untuk bertanya, menurut Weiner yang lebih menarik adalah membuat pertanyaan itu lebih pribadi.

Orang-orang tidak hanya suka berbicara tentang diri mereka sendiri, tetapi kamu juga akan merasakan apakah getarannya sesuai dengan kecepatanmu, tambah Weiner.

4. Bagaimana cara saya dibandingkan dengan kandidat lain yang dipertimbangkan untuk posisi itu?

Tentu saja, tidak semua calon atasan atau staf HRD memperkirakan pertanyaan ini dan mungkin perlu waktu beberapa saat untuk memberikan tanggapan.

“Dengan terus terang menanyakan bagaimana kamu dibandingkan, kamu bisa memeriksa nyali pencalonanmu dan menetapkan harapan yang realistis, apakah kamu akan tetap dipertimbangkan untuk pekerjaan itu,” kata Augustine.

5. Apa yang membuatmu memutuskan untuk bekerja di sini?

Ini menantang pewawancara untuk kembali ke saat mereka berada di posisimu dan menjelaskan mengapa mereka akhirnya menerima tawaran. Kemungkinan besar, mereka akan memberi tahumu lebih banyak tentang fungsi mereka sehari-hari, serta bagaimana mereka menjalankan strategi dan berkontribusi pada tujuan perusahaan.

Baca juga: Kalimat Perekrut Ini Bisa Jadi Tanda Gagalnya Wawancara Kamu

6. Apa cara terbaik bagi saya untuk menindaklanjuti pencalonan saya dengan perusahaan?

Daripada menindaklanjuti setiap minggu melalui email, bantulah diri sendiri dan tanyakan kepada mereka bagaimana mereka ingin kamu menghubungi mereka. Seperti yang dikatakan oleh Agustinus, kamu tidak boleh meninggalkan wawancara tanpa menanyakan tentang timeline-nya.**(Feb)

Leave a Reply