Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tahukah Kamu? Menara Air Sebetulnya Bukan Tempat Penyimpanan Air

Topcareer.id – Jika kamu memperhatikan, di setiap wilayah pasti ada menara air yang cukup besar. Sekilas, akan mudah untuk mengasumsikan bahwa menara air itu ada untuk menyimpan air.

Memang bagaimanapun juga itu adalah bejana raksasa yang berdiri tinggi di atas tanah dengan isi puluhan ribu hingga jutaan galon air.

Berbeda dengan menara air kecil rumahan yang memang berfungsi sebagai penampungan atau penyimpanan air. Tetapi menara air raksasa di setiap wilayah kota, penyimpanan air bukanlah fungsi utama dari menara tersebut.

Baca Juga: Singapore Airlines Sulap Jet Airbus SE A380 Menjadi Restoran

Fungsi utama menara air seperti yang ada pada Perusahaan Air Minum adalah untuk memberi air tekanan agar lebih mudah didistribusikan.

Mengangkat air tinggi di atas menara dengan jalur pipa yang mendistribusikannya ke seluruh bangunan atau komunitas di sekitarnya memastikan bahwa tekanan hidrostatis yang didorong oleh gravitasi melancarkan aliran air untuk turun melalui sistem dan menyebar di wilayahnya.

Dengan menara air, pelanggan dijamin akan mendapatkan tekanan air yang cukup dan stabil saat mereka membuka keran. Rancangan tersebut membantu menekan biaya distribusi air karena dua alasan.

Pertama, ini memungkinkan untuk sentralisasi pemompaan dan tekanan serta mengurangi jumlah stasiun pemompaan yang dibutuhkan di sekitar menara air.

Kedua, hal ini memungkinkan sistem untuk memompa air ke menara selama waktu energi off-peak untuk mengurangi biaya pengoperasian pompa.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply