Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, December 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Beda UI dan UX Desainer dalam Industri Teknologi

Topcareer.id – Dunia desain kini dikenal begitu luas. Ada sejumlah tanggung jawab yang berbeda yang dicakup oleh seorang desainer. Apalagi ditambah masuknya perusahaan teknologi, ada fokus desain pembuatan antarmuka untuk layar (web/aplikasi). Nah, makin banyak peran baru muncul di situ.

Peran seperti UX atau UI desainer kerap membingungkan bagi yang belum paham dan tidak terbiasa, bahkan untuk desainer dari industri lain. Berikut beberapa penjelasan dari perbedaan antara UX dan UI desainer, dikutp dari laman Fast Company.

UX Desainer (User Experience Designer)

Desainer UX memperhatikan bagaimana perasaan produk tersebut. Desainer UX mengeksplorasi banyak pendekatan berbeda untuk memecahkan masalah pengguna tertentu. Tanggung jawab luas desainer UX adalah memastikan bahwa produk mengalir secara logis dari satu langkah ke langkah berikutnya.

Baca Juga: Kesalahan yang Harus Dihindari Web Designer

Salah satu cara yang mungkin dilakukan oleh perancang UX adalah dengan melakukan tes pengguna secara langsung untuk mengamati perilaku seseorang. Dengan mengidentifikasi batu sandungan verbal dan non-verbal, mereka memperbaiki untuk menciptakan pengalaman pengguna yang “terbaik”. Contoh proyek menciptakan aliran orientasi yang menyenangkan untuk pengguna baru.

UX Desainer menentukan apakah pengalaman produk lancar dan intuitif atau kikuk dan membingungkan? Apakah menavigasi aplikasi terasa logis atau terasa sewenang-wenang? Apakah berinteraksi dengan aplikasi memberi orang perasaan bahwa mereka secara efisien menyelesaikan tugas yang ingin mereka capai atau apakah itu terasa seperti perjuangan?

Alat: Photoshop, Sketch, Illustrator, Fireworks, InVision

UI Desainer (User Interface designer)

Tidak seperti UX desainer yang peduli dengan nuansa keseluruhan produk, desainer antarmuka (user interface) secara khusus tentang bagaimana produk diletakkan. Mereka bertugas merancang setiap layar atau halaman yang dengannya pengguna berinteraksi dan memastikan bahwa UI secara visual mengkomunikasikan jalur yang telah dirancang oleh perancang UX.

Desainer UI biasanya juga bertanggung jawab untuk membuat panduan gaya kohesif dan memastikan bahwa bahasa desain yang konsisten diterapkan di seluruh produk. Mempertahankan konsistensi dalam elemen visual.

“Mereka memutuskan seperti apa aplikasi itu nantinya. Mereka harus memilih skema warna dan bentuk tombol – lebar garis dan font yang digunakan untuk teks. Desainer UI menciptakan tampilan dan nuansa antarmuka pengguna aplikasi,” tulis UX Planet.

Alat: Photoshop, Sketch, Illustrator, Fireworks

Desainer UI adalah desainer grafis. Mereka peduli dengan estetika. Terserah mereka untuk memastikan antarmuka aplikasi menarik, merangsang secara visual dan bertema secara tepat untuk mencocokkan tujuan dan / atau kepribadian aplikasi.

Batas antara desainer UI dan UX cukup kabur dan tidak jarang bagi perusahaan untuk memilih untuk menggabungkan peran ini.**(RW)

Leave a Reply