Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Perlengkapan Kamar Mandi Ini Dapat Membantu Melawan Covid-19

Sumber foto: Freepik

Topcareer.id – Ada banyak cara memperlambat penyebaran virus corona, salah satunya lewat penggunaan masker juga menjaga jarak.

Selain itu, beberapa barang yang ada di kamar mandi jugaternyata bisa menjadi usaha memperlambat penyebaran Covid-19.

Inilah saat yang tepat untuk membeli obat kumur mulut (nasal and oral rinses) yang dapat menonaktifkan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19, dan sampo bayi. Obat kumur menurut penelitian memiliki kemampuan untuk mengurangi viral load.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine menguji berbagai barang rumah tangga termasuk larutan sampo bayi 1%, pot yeti, pembersih mulut peroksida, dan obat kumur, untuk melihat apakah bahan pokok obat ini dapat menonaktifkan virus corona manusia.

Mengutip The Ladders, studi yang diterbitkan dalam Journal of Medical Virology, menemukan bahwa banyak dari produk ini dapat membantu melawan penyebaran Covid-19, khususnya dengan mengurangi jumlah penyebaran virus dari seseorang yang telah dites positif terkena virus.

Profesor Penn St. Craig Meyers mengatakan bahwa ini adalah langkah pertama yang positif dalam memerangi penyakit tersebut, apalagi dengan adanya gelombang kedua virus corona.

Baca juga: WHO: Penularan Covid-19 dalam Penerbangan Risikonya Rendah

“Sementara kami menunggu vaksin dikembangkan, metode untuk mengurangi penularan dibutuhkan. Produk yang kami uji sudah tersedia dan sering kali sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari orang,” kata Meyers, seorang peneliti di Penn State Cancer Institute, dalam siaran pers.

Meyers dan timnya menemukan bahwa produk ini dapat secara efektif menutup partikel virus dalam waktu kurang dari dua menit.

Mereka menggunakan larutan yang mengandung virus corona manusia dan menggunakan berbagai produk untuk melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan virus dalam tiga jadwal berbeda, 30 detik, satu menit, dan dua menit.

Larutannya diencerkan segera setelah itu dan kemudian ditempatkan dalam kontak dengan sel-sel manusia di mulut dan hidung. Saat itu, obat kumur dan oral rinse diuji untuk melihat bagaimana mereka memerangi virus.

Penting untuk diperhatikan bahwa mulut dan hidung adalah tempat yang sering ditembus oleh virus corona. Tetesan virus juga berasal dari daerah tersebut, itulah sebabnya pejabat kesehatan menyarankan penggunaan masker serta menjaga jarak satu sama lain.

Studi tersebut menemukan bahwa ketika larutan sampo bayi 1% diaplikasikan, itu menonaktifkan lebih dari 99,9% virus corona manusia setelah waktu kontak dua menit. Untuk obat kumur, itu bahkan lebih cepat, ini menonaktifkan lebih dari 99,9% virus setelah 30 detik waktu kontak.

Baca juga: Sukarelawan Tewas dalam Uji Coba Vaksin COVID-19 Universitas Oxford

“Orang yang dites positif Covid-19 dan kembali ke rumah untuk karantina mungkin dapat menularkan virus ke orang yang tinggal bersamanya. Profesi tertentu termasuk dokter gigi dan pekerja perawatan kesehatan lainnya selalu berisiko terpapar,” kata Meyers.

Uji klinis diperlukan untuk menentukan apakah produk ini dapat mengurangi jumlah pasien positif Covid-19 atau mereka yang memiliki pekerjaan berisiko tinggi dapat menyebar saat berbicara, batuk, atau bersin. Bahkan, jika penggunaan solusi ini dapat mengurangi transmisi hingga 50%, itu akan berdampak besar.**(Feb)

Leave a Reply