Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Iri Hati Sama Kamu

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Cemburu tak hanya tentang hubungan percintaan, namun dalam hubungan profesional kerja juga sering tak terelakkan.

Meskipun cemburu merupakan respon emosi alami manusia terhadap orang lain yang mungkin mendapat sesuatu yang lebih baik, namun itu tidak bisa dibiarkan berlarut-larut.

Kecemburuan dengan iri hati memang mirip, namun mereka adalah dua hal yang sangat berbeda. Kecemburuan, biasanya tentang takut kehilangan sesuatu, dalam dunia kerja contohnya takut kehilangan jabatan atau kesempatan promosi dan merasa terancam oleh ke pihak ketiga.

Iri hati berbeda dengan kecemburuan, iri hati merupakan keinginan untuk memiliki sesuatu yang dimiliki orang lain.

Baca Juga: Dua Trik Psikologi Sederhana untuk Raih Perhatian Orang saat Berbicara

Dalam beberapa kasus di kantor, kamu bisa saja menjadi sasaran iri hati bahkan kecemburuan seseorang karena mungkin kamu mendapatkan promosi besar yang mungkin mengancam jabatan seseorang.

Lakukan langkah-langkah ini agar situasi tetap nyaman dan tidak menciptakan permusuhan.

Nilai kesalahan kamu
Jika kamu merasa seorang rekan kerja cemburu pada kamu dan dia sedang mengomel, mulailah dengan mengambil langkah mundur dan melihat ke cermin. Mungkin saja kamu memicu kecemburuan orang tersebut jika kamu selalu memuji diri sendiri, menjilat atasan, atau tampil sebagai orang yang sok tahu. Strategi terbaik: Jangan terlalu membanggakan diri setelah bekerja, tidak perlu pamer bahwa kamu makan siang dengan CEO, atau punya hubungan dekat dengan bos untuk membicarakan tentang kenaikan jabatan yang mungkin menyingkirkan posisi rekan kerja.

Dekati orang tersebut secara langsung
Kecemburuan dapat mendorong orang untuk berperilaku buruk, yang berarti kamu mungkin akan menjadi korban gosip, pengucilan, atau bahkan sabotase. orang seperti itu harus ditangani satu lawan satu. Kamu bisa coba mengatakan kepada orang tersebut bahwa kamu sangat menghargai hubungan dengannya, dan tanyakan apa yang terjadi, mengapa sampai merasa sedemikian cemburu?

Khawatir tentang reaksi orang tersebut? Kamu bisa berkata, “Saya ingin tahu apakah ada sesuatu yang saya lakukan yang menyinggung dirimu, dan saya ingin membicarakan tentang bagaimana kita bisa bekerja sama dengan lebih baik.”

Dalam kebanyakan kasus, melakukan percakapan yang tenang dengan orang tersebut akan meredakan situasi dan memungkinkan kamu dengan orang yang merasa cemburu atau iri terhadap kamu untuk menemukan cara yang dapat disepakati bersama dalam bergerak maju bersama. Jika masih kesulitan menyelesaikannya, manajer mungkin perlu terlibat.

  • Temukan tempat kerja yang tidak terlalu beracun
    Akan selalu ada bagian yang toxic dimanapun kamu bekerja, hanya saja kadarnya berbeda-beda, ada yang rendah dan ada yang tinggi. Dicemburui atau menjadi objek iri hati oleh rekan kerja bisa menjadi olahraga yang melelahkan. Coba periksa ulang lingkungan kerjamu. Jika semua langkah positif sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, inilah waktunya untuk memeriksa padang rumput yang lebih hijau. Mendapatkan tempat kerja yang tidak terlalu beracun adalah hak kamu sepenuhnya agar kamu bisa bekerja dengan aman, nyaman, tenang, dan pastinya mengurangi tekanan yang dihadapi.**(RW)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply