Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, September 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Peran Amigdala dalam Sistem Otak Manusia yang Mengontrol Emosi

Topcareer.id – Amigdala adalah struktur berbentuk almond di otak, namanya berasal dari kata Yunani untuk almond. Seperti kebanyakan struktur otak lainnya, kamu sebenarnya memiliki dua amigdala. Setiap amigdala terletak dekat dengan hipokampus, di bagian depan lobus temporal.

Amigdala sangat penting untuk kemampuan kamu dalam merasakan emosi tertentu dan melihatnya pada orang lain. Ini termasuk ketakutan dan banyak perubahan yang ditimbulkannya dalam tubuh. Jika kamu diikuti pada malam hari oleh individu yang tampak mencurigakan dan jantungmu berdebar-debar, kemungkinan besar amigdala kamu sangat aktif.

Dalam penelitian tertentu, peneliti secara langsung merangsang amigdala pasien yang menjalani operasi otak, dan meminta mereka untuk melaporkan kesan mereka. Pengalaman subjektif yang paling sering dilaporkan pasien ini adalah salah satu dari bahaya dan ketakutan yang akan segera terjadi.

Nyatanya, amigdala mengatur semua reaksi terhadap peristiwa yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, peristiwa yang memperingatkanmu tentang bahaya yang akan segera terjadi merupakan rangsangan yang sangat penting bagi amigdala, begitu pula peristiwa yang menandakan adanya pasangan seksual, saingan, dan sebagainya.

Amigdala juga membuat dirimu bisa memiliki clue untuk membaca bagaimana perasaan seseorang terhadap dirimu hanya dengan mengamati mimik wajah mereka.

Itulah mengapa amigdala memiliki begitu banyak hubungan dengan beberapa struktur lain di otak.

Amigdala memungkinkan orang bereaksi hampir seketika terhadap adanya bahaya. Begitu cepatnya sehingga sering kali orang terkejut terlebih dahulu, dan baru kemudian menyadari apa yang membuatnya takut.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan