Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mengubah Hal Negatif Kamu Menjadi Positif Ketika Wawancara Kerja

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Sebagai bagian dari proses screening kandidat karyawan baru, kamu mungkin berharap bahwa calon pemberi kerja akan bertanya tentang berapa banyak pencapaian pribadi dan profesional kamu.

Namun kenyataannya kamu juga perlu bersiap untuk menjelaskan beberapa aspek negatif dari latar belakang dan kepribadian kamu.

Jika kamu tidak mempersiapkan diri, hal ini akan tampak seperti tugas yang menakutkan pada awalnya. Padahal ini bisa memberikan kesempatan untuk menampilkan diri kamu dalam sudut pandang yang lebih baik.

1. Kesulitan kerja sebelumnya
Kamu mungkin ditanya tentang hal-hal yang paling tidak kamu sukai selama pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya atau tentang masalah yang kamu hadapi dalam pekerjaan itu. Daripada mengeluh tentang atasan yang buruk atau kondisi kerja yang tidak dapat ditoleransi, sebutkan upaya apa pun yang kamu lakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Ini menunjukkan kemampuan kamu untuk bertahan saat keadaan menjadi sulit. Jelaskan apa yang telah kamu pelajari dari pengalaman tersebut sehingga bisa membantu kamu mencegah situasi serupa di masa mendatang.

Baca Juga: Milenial sering Lakukan 5 Kesalahan Ini saat Wawancara Kerja

2. Kurang pengalaman
Kamu mungkin tidak memiliki pengalaman yang dicari perusahaan baru untuk mengisi posisi tersebut. Hal ini juga dapat kamu ubah menjadi positif dengan menjelaskan saat-saat kamu berada dalam situasi yang sama tetapi kamu mampu belajar dan beradaptasi dengan cepat serta berhasil. Gambarkan diri kamu sebagai seseorang yang menikmati tantangan dalam mempelajari sesuatu yang baru dan yang dapat memberikan kontribusi dengan waktu belajar yang singkat. Tunjukkan bahwa kurangnya pengalaman kamu bisa membawa perspektif yang segar dan tidak bias ke pekerjaan itu.

3. Kelemahan
Pewawancara mungkin bertanya tentang kelemahan terbesar kamu. Pertanyaan ini memberikan kesempatan untuk menunjukkan keinginan dan kemampuan kamu dalam mengatasi kesulitan. Misalnya, jika kamu takut berbicara di depan umum, jelaskan cara kamu mengikuti kelas pidato atau berlatih berbicara di depan kelompok kecil untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu.

4. Kegagalan masa lalu
Setiap orang pasti pernah gagal di beberapa titik dalam hidup mereka, dan pewawancara kerja mungkin meminta kamu untuk menjelaskan kegagalan yang pernah kamu alami. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan pelajaran yang telah kamu pelajari dari pengalaman tersebut. Misalnya, jika kamu tidak berkinerja baik dalam upaya karier sebelumnya karena tidak cocok dengan perusahaan lama, jelaskan bagaimana cara kamu melalui kegagalan itu. Ini juga dapat membantu kamu mempunyai kesempatan untuk menjelaskan mengapa sekarang kamu melamar posisi yang sedang diwawancarai.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply