Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

NASA Tunjuk Nokia Bangun Jaringan Seluler 4G Pertama di Bulan

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Jaringan di bulan akan menjadi bagian dari upaya NASA untuk mengembalikan manusia pergi ke bulan pada tahun 2024 dan membangun pemukiman jangka panjang di sana di bawah program Artemis.

Pabrikan smartphone Nokia dari Finlandia telah dipilih oleh NASA untuk membangun jaringan seluler 4G pertama di bulan, kata perusahaan itu pada hari Senin (19/10).

Nokia mengatakan jaringan 4G miliknya akan memungkinkan astronot melakukan panggilan suara dan video, mengirimkan data, dan mendownload serta mengupload data. Telekomunikasi Finlandia juga berencana meluncurkan 5G di bulan.

Nokia mengatakan sistem komunikasi broadband nirkabel pertama di luar angkasa akan dibangun di permukaan bulan pada akhir 2022, sebelum manusia berhasil kembali ke sana.

Baca Juga: NASA Habiskan USD 23 Juta demi Toilet Luar Angkasa Terbaru

Nokia akan bermitra dengan firma desain pesawat ruang angkasa swasta yang berbasis di Texas, Intuitive Machines, untuk mengirimkan peralatan jaringan ke bulan.

Setelah pengiriman, jaringan akan mengkonfigurasi dirinya sendiri dan membangun sistem komunikasi LTE (Long-Term Evolution) pertama di bulan, kata Nokia.

“Jaringan tersebut akan menyediakan kemampuan komunikasi penting untuk banyak aplikasi transmisi data yang berbeda, termasuk fungsi komando dan kontrol vital, kendali jarak jauh penjelajah bulan, navigasi waktu nyata dan streaming video definisi tinggi,” kata Nokia.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply