Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, December 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Khabib Nurmagomedov Umumkan Pensiun, Cetak Rekor Tak Pernah Kalah

Dok/MMA Fighting

Topcareer.id – Petarung kelas dunia asal Rusia, Khabib Nurmagomedov memberikan kejutan besar bagi para penggemar Ultimate Fighting Championship setelah mengalahkan Justin Gaethje dan mempertahankan gelar juaranya.

Nurmagomedov mengumumkan pengunduran dirinya yang emosional setelah menyelesaikan pertarungan dengan kemenangan terbaru dari hasil teknik submision dan kuncian segitiga kepada lawannya.

Nurmagomedov meninggalkan oktagon dengan rekor karier 29-0, serta rekor UFC 13-0. Tak terkalahkan sepanjang kariernya.

“Hari ini, ini pertarungan terakhir saya,” katanya. “Tidak mungkin aku datang ke sini tanpa ayahku.”

Baca juga: Peneliti: Memaksakan Herd Immunity Tanpa Vaksin Hanya Akan Sebabkan Ribuan Kematian

Ayah sekaligus pelatih Nurmagomedov, Abdulmanap, meninggal pada Juli 2020 lalu setelah penyakit komplikasi yang disebabkan oleh Covid-19. Nurmagomedov mengatakan dia berbicara dengan ibunya selama tiga hari sebelum memutuskan menerima tantangan pertarungan dengan Gaethje.

“Ibu saya tidak ingin saya pergi bertarung tanpa ayah saya, tapi saya berjanji padanya itu akan menjadi laga terakhir saya, dan saya harus menepati janji ini,” katanya dalam wawancara pasca pertandingan.

Sesaat setelah kemenangannya, Nurmagomedov meposting foto dirinya bersama ayahnya di media sosial Instagramnya @khabib_nurmagomedov dengan caption,

“Ketika ALLAH bersamamu, tidak ada yang bisa menghancurkanmu, tidak ada. Terima kasih Ayah untuk semuanya, kamu telah mengajariku seumur hidupku, semoga ALLAH memberimu Surga tertinggi.”

Terkait pengunduran dirinya, Presiden UFC Dan White pun menyampaikan pendapatnya.

“Nurmagomedov adalah salah satu manusia terkuat di planet ini. Dia petarung pound-for-pound nomor satu di dunia dan sungguh, kamu semua harus mulai menempatkannya dirinya dengan titel GOAT (Greatest Of All Time),” ujarnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply