Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Pernah Mengalami Ketakutan Berlebihan Pada Komputer? Ini Cara Jitu Mengatasinya

Topcareer.id – Logizomechanophobia adalah ketakutan pada komputer atau mesin canggih secara umum. Seseorang dengan fobia ini cenderung takut menggunakan komputer.

Dia mungkin mengalami kesulitan bahkan mempelajari dasar-dasarnya. Mereka juga mungkin takut dengan istilah yang digunakan dalam pengunaan komputer atau mesin.

Jika kamu atau orang yang kamu cintai menderita Cyberphobia atau Logizomechanophobia, opsi perawatan dan teknik pengobatan mandiri berikut ini mungkin dapat membantu.

Baca Juga: Mengenal Venustraphobia, Ketakutan Berlebih Pada Wanita Cantik

Opsi bantuan mandiri
Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan sendiri untuk belajar mengatasi ketakutan terhadap komputer seperti berikut ini:

  • Didik dirimu sendiri
    Baca semua yang hal tentang phobia yang kamu alami tersebut. Semakin banyak membaca, semakin baik itu akan membantu dirimu sendiri. Kamu juga akan memahami cara mengendalikan kecemasan dan serangan panik serta membantu mengidentifikasi pola pikir dan kepercayaan diri yang membatasi diri yang tidak menguntungkanmu. Membaca tentang fobia seseorang juga dapat membantu kamu memahami bahwa apa yang kamu alami cukup umum dan kamu tidak sendiri. Masih ada orang lain dengan ketakutan yang serupa atau bahkan lebih buruk.
  • Teknik meditasi dan relaksasi
    Teknik relaksasi dapat membantu seseorang selama serangan panik. Belajarlah bernapas dalam-dalam, menahan napas, dan menghembuskan napas perlahan sambil menghitung sampai 5. Teknik ini bisa membantu mengurangi kecemasan atau ketakutan. Dokter juga merekomendasikan meditasi dua kali sehari untuk membantu mengatasi kecemasan. Kamu pun bisa melakukan beberapa latihan peregangan untuk mengalihkan pikiran dari rasa takut.
  • Ikut komunitas
    Jika Logizomechanophobia mengganggu kehidupanmu sehari-hari, kami bisa bergabung dengan kelompok dukungan atau komunitas di daerah kamu. Seorang anggota keluarga atau dokter bisa membantumu menemukan kelompok seperti itu. Ini akan membantumu memahami bahwa kamu tidak sendiri dan juga membantumu menemukan teknik yang digunakan orang lain untuk mengatasi kecemasan mereka.

Pilihan pengobatan lainnya
Selain pengobatan mandiri, kamu bisa cari bantuan dari terapis. Dokter langgananmu mungkin bisa membantumu memilih beragam pengobatan perawatan seperti terapi perilaku kognitif.

  • Terapi perilaku kognitif
    Terapi perilaku kognitif membantu kamu mengidentifikasi pikiran, koneksi, dan pola yang dapat menyebabkan serangan kecemasan terkait mesin atau komputer. Terapis juga akan memberimu solusi praktis untuk mengelola pola pikir ini.
  • Desensitisasi
    Perawatan yang disebut terapi desensitisasi sering digunakan untuk menghilangkan gangguan kecemasan dan phobia. Ini melibatkan pemaparan langsung dirimu dengan cara yang aman ke komputer atau mesin. Melalui keterpaparan berulang kali terhadap rasa takutmu, maka kamu akan mengembangkan kendali atas perasaan tersebut.
  • Hipnoterapi
    Bagi mereka yang percaya pada pengobatan alami dan komplementer, ada beberapa pilihan seperti hipnoterapi. Seorang hipnoterapis bisa membuat kamu berada dalam keadaan trans yang dalam untuk mengetahui akar penyebab ketakutanmu. Hipnoterapis kemudian membuat saran bahwa kamu sembuh dari kecemasan dan ‘memprogram ulang’ pikiran bawah sadar kamu.**(RW)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply