Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Menkeu Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV Bisa Mencapai 5%

Topcareer.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal IV tahun 2020 yang diperkirakan bisa mencapai 5% dengan asumsi belanja program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan kementerian/lembaga (K/L) bisa terjaga.

“Prospek kuartal IV, terutama untuk pemulihan ekonomi, kami akan terus menjaga, dan melihat semua indikator baik dari sisi konsumsi, investasi, ekspor dan terutama yang dalam kontrol pemerintah adalah belanja pemerintah. Kuartal ke-4 nanti, tetap terjaga di sekitar 5% growthnya,” kata Menkeu dalam konferensi pers virtual, Selasa (27/10/2020).

“Tentu dengan asumsi seluruh momentum belanja dan eksekusi belanja baik PEN maupun seluruh belanja K/L tetap bisa terjaga,” ucap dia.

Baca Juga: Sri Mulyani Bakal Larang Pegawainya Rapat saat Jam Sekolah Anak

Untuk konsumsi rumah tangga, Menkeu menyebut dalam kuartal 3 menuju kuartal 4 diharapkan sudah mulai mendekati 0% dan konsumsi diharapkan meningkat. Ia menambahkan, proyeksi keseluruhan tahun minus 0,6 hingga 1,72.

“Untuk konsumsi rumah tangga, kita masih melihat di dalam range dari sisi kuartal 3 hingga ke-4 kita harapkan mulai mendekati 0%. Konsumsi diharapkan meningkat. Proyeksi keseluruhan tahun minus 0,6 hingga 1,72,” tuturnya.

Untuk realisasi PEN di kluster korporasi, Menkeu sudah menandatangani beberapa dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN) pada minggu-minggu ini. Ia juga menyebut insentif dunia usaha mengalami peningkatan.**(RW)

Leave a Reply