Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, November 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Apa yang Harus Dikonsumsi Setelah Keracunan Makanan?

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Keracunan makanan relatif umum terjadi kepada siapapun. Gejalanya bisa berupa muntah-muntah, diare, sakit perut atau kram, sakit kepala, dan lain-lain.  Keracunan makanan biasanya terjadi ketika patogen mencemari makanan atau air minum.

Ketika mengetahui gejala keracunan makanan, lantas langkah apa yang harus diambil berikutnya? Menurut Healthline, biarkan perutmu tenang.

Setelah mengalami gejala keracunan makanan yang paling meledak-ledak, seperti muntah, diare, dan sakit perut, para ahli menyarankan untuk membiarkan perut beristirahat. Itu berarti menghindari makanan dan minuman sama sekali selama beberapa jam. Langkah selanjutnya:

Tetap terhidrasi

Asupan cairan sangat penting untuk membantu tubuh melawan efek keracunan makanan. Muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi, jadi menyesap sedikit air adalah titik awal yang baik. Minuman olahraga yang mengandung elektrolit merupakan cara terbaik untuk mencegah dehidrasi. Cairan lain yang disarankan termasuk:

– soda non-kafein, seperti Sprite, 7UP, atau ginger ale

– teh tanpa kafein

– kaldu ayam atau sayuran

– Makan makanan hambar

Ketika kamu merasa bisa menahan makanan, makanlah makanan yang lembut di perut dan saluran pencernaan. Pilihlah makanan hambar, rendah lemak, dan rendah serat. Lemak lebih sulit dicerna oleh perut, terutama saat sedang sakit. Jadi, hindari makanan berlemak. Makanan yang lembut di perut meliputi: pisang, sereal, putih telur, madu, kentang biasa, termasuk kentang tumbuk, nasi, roti panggang.

Baca Juga: Waspadai Norovirus, Penyebab Infeksi Usus Akut

Cobalah pengobatan alami

Selama masa keracunan makanan, penting bagi tubuh untuk mengikuti reaksi alaminya untuk membersihkan saluran pencernaan, menyingkirkan bakteri berbahaya. Itulah mengapa obat diare yang dijual bebas (OTC) bukanlah cara yang baik untuk mengobati keracunan makanan.

Saat gejala mencapai puncaknya, kamu mungkin bisa mencoba minum teh jahe, karena jahe dikenal dapat menenangkan perut. Setelah merasa sehat kembali, kamu mungkin ingin mengganti flora normal usus dengan yogurt alami atau kapsul probiotik selama minimal 2 minggu.

Tips lainnya

Tunda menyikat gigi setidaknya selama satu jam. Asam lambung yang dikeluarkan saat muntah dapat merusak email gigi, dan menyikat gigi tepat setelah muntah dapat semakin mengikis email gigi. Sebagai gantinya, bilas mulut dengan campuran air dan soda kue.

Mandi membantu membersihkan tubuh dari bakteri tidak sehat. Kamu juga harus yakin untuk banyak istirahat. Istirahat yang cukup dapat membantumu merasa lebih baik lebih cepat.**(RW)

Leave a Reply