Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ilmuwan Temukan Kecepatan Suara Tercepat hingga 36 Km per Detik

Sumber foto: scitechdaily.com

Topcareer.id – Para ilmuwan telah menemukan kecepatan suara yang paling cepat. Mereka menemukan gelombang suara bergerak dengan kecepatan 36 km per detik dalam atom hidrogen padat.

Sampai saat ini, tidak diketahui apakah ada batas kecepatan, baik melalui benda padat maupun cair. Gelombang suara bergerak dengan kecepatan yang berbeda, tergantung pada apa yang mereka lalui.

Mereka melewati zat padat lebih cepat daripada melalui cairan atau gas, itulah sebabnya kereta dapat didengar lebih cepat melalui rel daripada melalui udara.

Para ilmuwan menguji berbagai macam material, dan menemukan kecepatan suara dalam atom hidrogen padat yang mendekati batas fundamental teoretis.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances ini berasal dari kolaborasi antara Queen Mary University of London, University of Cambridge, dan Institute for High Pressure Physics di Moskow, Rusia.

Studi tentang gelombang suara ini memiliki aplikasi ilmiah yang penting.

Profesor Chris Pickard, Profesor Ilmu Material di Universitas Cambridge, mengatakan: “Ahli seismologi menggunakan gelombang suara yang diprakarsai oleh gempa bumi jauh di dalam interior Bumi, untuk memahami sifat peristiwa seismik dan sifat komposisi Bumi.”

“Mereka juga menarik bagi ilmuwan material, karena gelombang suara terkait dengan sifat elastis yang penting, termasuk kemampuan untuk menahan tekanan.”

Profesor Kostya Trachenko, Profesor Fisika di Queen Mary University of London, mengatakan: “Kami yakin temuan studi ini dapat memiliki aplikasi ilmiah lebih lanjut dengan membantu kami menemukan dan memahami batas sifat yang berbeda. seperti viskositas dan konduktivitas termal yang relevan untuk suhu tinggi superkonduktivitas, plasma quark-gluon, dan bahkan fisika lubang hitam.”

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply