Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kesehatan Mental Itu Penting, Ini Penjelasannya

Topcareer.id – Kesehatan mental merupakan bagian integral dari hidup sehat dan seimbang. Kesehatan mental setiap orang mencakup kesejahteraan psikologis, emosional, dan sosial.

Artinya, mental itu memengaruhi perasaan, pikiran, dan perilaku kamu setiap hari. Kesehatan mental juga berkontribusi pada proses pengambilan keputusan.

Mengapa kesehatan mental itu penting?
Kesehatan mental dan emosional sangatlah penting karena ini merupakan bagian dari hidup kamu, dan bisa mempengaruhi pikiran, perilaku, serta emosi.

Menjadi sehat secara mental dan emosional dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam aktivitas seperti bekerja, bersekolah, atau mengasuh.

Hal tersebut memainkan peran penting dalam kesehatan hubungan kamu dengan masyarakat dan hubungan pribadimu, serta memungkinkan kamu untuk beradaptasi dengan perubahan dalam hidup dan mengatasi kesulitan.

Bagaimana meningkatkan kesehatan mental sehari-hari?
Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental setiap hari. Hal-hal kecil seperti berolahraga, makan makanan yang seimbang dan sehat, terbuka dengan orang lain dalam hidup, istirahat saat diperlukan, mengingat sesuatu untuk disyukuri dan tidur malam yang nyenyak, semua itu dapat membantu meningkatkan kesehatan mental kamu.

Baca juga: Layanan Konseling SEJIWA Sukses Tangani Masalah Psikologis Saat Pandemi COVID-19

Kapan waktu yang tepat untuk meminta bantuan?
Masalah yang terkait dengan kesehatan mental dapat memengaruhi orang yang berbeda, dengan cara yang berbeda. Jika kamu mulai melihat perubahan dalam kebahagiaan dan hubungan kamu secara keseluruhan, selalu ada cara untuk mendapatkan dukungan yang kamu perlukan.

Berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan bantuan:

  • Terhubung dengan orang lain, teman, dan keluarga
    Tetap menjangkau dan terbuka dengan orang lain dalam hidup kamu bisa membantumu memberikan dukungan emosional ketika kamu terjatuh.
  • Mempelajari lebih lanjut tentang kesehatan mental
    Banyak sumber yang bisa kamu dapatkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesehatan mental. Misalnya Psychology Today, National Institute of Mental Health, Anxiety and Depression Association of America, dan banyak lagi yang lainnya.
  • Lakukan penilaian kesehatan mental
    Penilaian dapat membantu menentukan apakah stres, kecemasan, atau depresi kamu mungkin berdampak pada kehidupanmu. Kamu bisa menggunakan penilaian kesehatan mental online gratis yang bisa kamu lakukan kapan saja.
  • Bicara dengan profesional
    Jika kamu mulai merasa kesehatan mental kamu banyak mempengaruhimu, mungkin inilah saatnya untuk mencari dukungan ekstra. Kamu bisa menemui psikolog atau psikiater, dan menemukan dukungan pribadi yang kamu butuhkan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply