Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cek! 6 Kebiasaan Pagi Ini Ternyata Bikin Tambah Tua

Topcareer.id – Bangun pagi dan memiliki rutinitas yang diikuti tiap pagi itu akan bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya membentuk kebiasaan hidup sehat yang meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Tapi, apakah semua kebiasaan rutinitas pagimu bermanfaat?

Kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa beberapa kegiatan umum yang kita lakukan setiap pagi sebenarnya dapat berdampak buruk pada kesehatan, dan bahkan meningkatkan penuaan. Berikut beberapa kebiasaan pagi yang membuatmu bertambah tua, seperti dalam laman The Ladders.

1. Menggosok (mengucek) mata

Yang ini sangat umum, kamu bahkan mungkin tidak menyadarinya. Namun seperti yang dijelaskan oleh pelatih sains tidur bersertifikat Chris Norris, melakukan hal itu secara rutin dapat membuat kulitmu bertambah tua.

Baca Juga: Lima Olahraga yang Malah Berpotensi Membuatmu Bertambah Tua

“Kulit di sekitar mata sangat tipis dan rentan keriput. Menggosok matamu dapat menyebabkan kapiler rusak dan keriput dengan menghancurkan kolagen dan mengurangi elastisitasnya,” kata dia.  

Jika matamu lelah atau teriritasi, Norris merekomendasikan untuk memercikkannya dengan air dan mengoleskannya hingga kering daripada menggosoknya. Atau menyeduh kantong teh hijau, mendinginkannya, lalu meletakkannya di mata selama sekitar 10 menit.

2. Menyikat gigi sebelum minum kopi

Itu salah satu hal pertama yang kita semua lakukan di pagi hari. Jika menyikat gigi sebelum minum kopi pagi, ahli gigi Max Harland mengatakan kamu akan cepat menua.

“Saya menganjurkan orang-orang untuk menyikat gigi setelah meminum cairan pewarna, sebaiknya dengan interval tiga puluh menit. Penantian tiga puluh menit penting agar air liur menetralkan keasaman mulut. Jika tidak, orang berisiko merusak email gigi saat menyikat gigi di lingkungan yang asam,” saran Harland.

3. Menekan tombol snooze

Tidur ekstra 10 menit itu menggoda. Tapi seperti yang dijelaskan Mary Sweeney, RN, bahwa penundaan tambahan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. “Kamu sebenarnya merampas lebih banyak waktu dalam siklus tidur restoratif,” kata Sweeney.

“Daripada menekan tombol, cobalah tidur 10-20 menit lebih awal agar tubuhmu memiliki waktu untuk menyelesaikan beberapa siklus tidur.”

4. Terlalu banyak minum kopi

Specialist Clinical Immunology, Lina Velikova, MD, Ph.D menjelaskan, minum terlalu banyak kopi dapat memengaruhi kesehatan dengan meningkatkan tekanan darah dan merusak hatimu, serta efek emosional seperti membuatmu lebih irasional dan mudah tersinggung.

“Apa yang berbahaya tentang kopi adalah konsumsi berlebih daripada kopi itu sendiri, jadi cara terbaik untuk mencegah kopi mengganggu kesehatanmu adalah dengan membatasi konsumsinya pada secangkir kecil setiap pagi.”

5. Melewatkan sarapan

“Sarapan adalah makanan terpenting karena memberikan tubuh Anda dasar energi untuk hari itu. Penelitian telah menunjukkan bahwa melewatkan asupan protein untuk sarapan yang sehat dapat menyebabkan rambut rontok, dengan menyangkal nutrisi yang dibutuhkan untuk folikel rambut yang sehat,” kata Norris.

6. Tidak minum air putih

Yang ini sangat penting bagi peminum kopi karena kafein menyebabkan dehidrasi. “Jika kamu tidur delapan jam setiap malam, itu artinya delapan jam tubuhmu tidak terhidrasi,” kata Sweeney.

Wajar jika bangun dengan dehidrasi, dan itu mungkin membuat Anda merasa lesu atau lelah saat bangun. Daripada meraih secangkir kopi itu untuk memberi energi, jadikan air sebagai prioritas.**(RW)

Leave a Reply