Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, December 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Sikap Negatif Karyawan yang Harus Diantisipasi (Bagian 1)

Topcareer.id – Orang yang memiliki perilaku buruk dan mudah tertarik pada hal buruk dalam segala hal dikatakan sebagai orang yang memiliki sikap negatif.

Mereka biasanya menunjukkan hal negatif dalam segala hal. Setiap lingkungan tempat kerja memiliki jenis karyawan yang semacam ini. Jenis-jenis sikap lain yang paling umum di tempat kerja adalah karyawan dengan sikap positif, dan karyawan diplomatis.

Tentunya dua pola pikir karyawan seperti ini tidak akan mengganggu lingkungan kerja. Namun karyawan yang berperilaku buruk sangat sulit untuk ditangani karena dapat mengganggu lingkungan dan juga mencemari etika kerja.

Baca Juga: Awas! Hal-Hal Berikut Ini Bisa Merusak Semangat Karyawan

Satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah, sangat sulit untuk mengidentifikasi sikap negatif orang di tempat kerja.

Penting untuk mengidentifikasi sikap negatif orang-orang ini agar bisa menghentikannya supaya tidak menciptakan getaran negatif di lingkungan kerja.

Berikut adalah beberapa ciri negatif paling umum yang ditemukan di tempat kerja atau berbagai jenis masalah sikap di tempat kerja.

Bagian pertama dari artikel:

1. Membesar-besarkan kesalahan rekan kerja dalam tim

Salah satu sikap negatif yang paling umum ditemukan di tempat kerja adalah melebih-lebihkan kesalahan orang lain yang bukan merupakan sikap yang sangat pantas. Ada sedikit orang yang bersikap negatif yang mencoba merusak karier orang lain dengan menyoroti kesalahan yang mereka lakukan. Memang penting untuk membuat mereka memahami kesalahan mereka dan membantu mereka pulih darinya. Tetapi tidak menyebarkan dan melebih-lebihkannya ke seluruh kantor, karena pada akhirnya akan membuat mereka jatuh.

2. Berbicara buruk tentang karyawan lain atau menyebarkan rumor

Ada kalanya hanya sedikit karyawan yang ketinggalan dalam kehidupan pribadi atau profesional mereka. Dalam kasus ini, ada sebagian karyawan yang bersikap negatif yang menyebarkan rumor atau mengomentari kehidupan pribadi orang lain di tempat kerja. Ini benar-benar akan merusak orang yang terkena dampak serta akan menciptakan citra negatif tentang mereka. Menyebarkan rumor adalah salah satu jenis sikap negatif paling umum yang berdampak besar di tempat kerja.

3. Mengolok-olok manajer atau rekan kerja

Ini merupakan cara yang sangat buruk untuk berbicara tentang seseorang ketika mereka tidak ada di tempat itu. Ini tidak berarti kamu tidak boleh berbicara tentang siapa pun di tempat kerja, tetapi sangat negatif untuk berbicara buruk tentang orang lain atau berkomentar tentang orang lain ketika mereka tidak ada di tempat itu.

4. Mendominasi tim atau tidak sejalan dengan pejabat yang lebih tinggi

Tidak sejalan dengan motif organisasi juga merupakan salah satu sikap negatif yang ditunjukkan oleh karyawan. Misalnya, ada beberapa karyawan yang selalu berusaha untuk mendominasi tim atau tidak pernah sejalan dengan pendapat tim. Memiliki individualitas dalam tim adalah hal yang baik, tetapi jangan menciptakan kekacauan untuk menentang keputusan pejabat yang lebih tinggi tentang masalah apa pun di tempat kerja.

5. Tidak mau menerima kritik yang negatif

Setiap karyawan mungkin menerima kedua jenis kritik dari rekan kerja atau pejabat tinggi mereka. Sangat wajar untuk merasa tidak enak ketika menerima komentar negatif. Salah satu sikap negatif yang paling umum adalah menentang atau melawan ketika mereka tidak menerima kritik yang baik dan malah menunjukkan sikap atau membalas kritik untuk menunjukkan pertentangan.**(RW)

Berlanjut ke artikel bagian ke-2….

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply