Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Aktivitas Fisik yang Terbukti Ampuh Tingkatkan Kekebalan Tubuh untuk Lawan Covid-19

Topcareer.id – Sementara vaksin untuk Covid-19 belum ditemukan, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sebetulnya tidak terlalu sulit untuk menjaga maupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada banyak hal bisa kamu lakukan seperti berolahraga dan aktivitas fisik serta mempraktikkan gaya hidup sehat sesuai dengan adaptasi kebiasaan baru.

“Aktivitas fisik intensitas sedang bisa dikaitkan dengan fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik, tingkat kecemasan yang lebih rendah, dan stres yang dirasakan,” kata Liz Joy, MD, direktur medis senior Wellness dan Nutrisi di Intermountain Healthcare.

Baca Juga: Selama Vaksin COVID-19 Belum Tersedia, Sistem Kekebalan Tubuh Masih yang Terbaik untuk Lawan Virus Corona

Berikut ini 5 cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari kamu.

1. Terus bergerak

Direkomendasikan aktivitas fisik seperti aerobik intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu, dan 2 sesi latihan kekuatan otot per minggu. Sesuaikan dalam 2, 5, 10 atau 20 menit, bagaimanapun dan dimanapun kamu bisa melakukannya. Setiap menit bergerak aktif itu penting untuk meningkatkan sistem imun.

2. Coba aktivitas di dalam ruangan

Nyalakan musik dengan beat yang mengasikkan bagi kamu dan berjalanlah dengan cepat di sekitar rumah atau naik turun tangga selama 10-15 menit sekitar 2 atau 3 kali sehari. Menarilah dengan musik favorit kamu, lompat tali, mengikuti kelas olahraga live atau rekaman, atau gunakan mesin kardio di rumah jika ada.

3. Lakukan aktivitas luar ruangan

Berjalan atau jogging di sekitar lingkungan rumah, menghabiskan waktu di luar seperti pergi bersepeda, berkebun atau melakukan pekerjaan di halaman, atau bisa juga bermain permainan aktif dengan keluarga. Tetap aktif secara fisik di luar ruangan adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan pikiran dan tubuh. Ruang terbuka juga berfungsi untuk menghilangkan stres. Cukup kunjungi taman yang dekat dengan rumah, dan jangan lupa persiapkan diri sebelum pergi keluar, jaga jarak fisik dari orang lain, jangan gunakan taman bermain, dan cuci tangan saat pulang.

4. Coba latihan kekuatan otot

Kamu bisa mencoba mengunduh aplikasi latihan kekuatan otot ke smartphone kamu. Temukan cara untuk melakukan latihan penguatan otot sederhana di sekitar rumah seperti: Squat atau sit-to-stand dari kursi yang kokoh, Push-up di dinding, meja dapur, atau lantai. Coba lakukan lunge atau step-up satu kaki di tangga. Jika menonton TV, bangunlah secara berkala dan lakukan putaran di sekitar tempatmu atau selesaikan tugas aktif seperti, mencuci piring atau membuang sampah.

5. Yoga

Aktivitas yoga yang melibatkan teknik pernapasan dalam dan perhatian penuh juga dapat mengurangi kecemasan. Jika kamu ingin mengikuti kelas yoga di luar rumah, hindari tempat yang ramai dan pertahankan jarak fisik dari yang lain dan pastikan untuk mencuci tangan saat sampai di rumah. Atau kamu bisa mencoba yoga sendiri di rumah dengan dipandu kelas online yoga.

Aktivitas fisik dengan intensitas sedang bisa dikaitkan dengan sistem kekebalan yang lebih sehat, tetapi latihan intensitas tinggi dengan volume tinggi justru dapat menekan fungsi kekebalan, terutama jika kamu tidak terbiasa. Ingatlah untuk menyeimbangkan program latihanmu.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply