Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, November 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Hal Penting yang Perusahaan Ingin Ketahui dari Kandidat Pekerjanya

Topcareer.id – Mencari pekerjaan baru bisa membuat stres, terutama di tengah persaingan yang tinggi. Tetapi kamu bisa membuat pencarian kerja lebih mudah dan tidak terlalu menegangkan dengan mempelajari minat perusahaan dan menggunakan informasi ini untuk menampilkan dirimu sebaik mungkin.

Dengan memiliki informasi perusahaan, kamu akan memiliki gambaran apa saja hal yang kira-kira diinginkan oleh perusahaan yang kamu lamar, sehingga kamu bisa membuat resume yang menarik dan memutuskan bagaimana menjawab pertanyaan wawancara.

Baca Juga: Pelamar Kerja Perempuan ‘Harus Bisa Semuanya’ untuk Lolos Rekrutmen

Berikut ini lima hal yang perusahaan sangat ingin ketahui dari kandidatnya.

1. Apakah kamu memiliki pengalaman atau pelatihan?

Perusahaan pemberi kerja ingin tahu apakah kamu memiliki pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Jika kamu memiliki pengalaman, pemberi kerja tidak perlu menghabiskan banyak waktu atau uang untuk memberimu pelatihan. Memiliki setidaknya beberapa tahun pengalaman bisa membantumu menonjol di antara kandidat lain dan memenuhi syarat untuk gaji yang lebih tinggi. Bagi kamu yang tidak memiliki persyaratan tersebut, pendidikan atau pelatihan terkait dapat dipandang sebagai nilai tambah.

2. Apakah kamu bisa diandalkan?

Perusahaan ingin tahu bahwa mereka dapat mengandalkanmu untuk menyelesaikan tugas pekerjaanmu sesuai kesepakatan. Pemberi kerja mungkin sudah bosan berurusan dengan karyawan yang sering datang terlambat, sering absen, melewatkan tenggat waktu atau menyerahkan pekerjaan yang ceroboh. Perusahaan bisa menghubungi referensi kamu untuk mengetahui apakah kamu telah menunjukkan jenis perilaku ini di masa lalu. Jika referensi kamu mengonfirmasi bahwa kamu memiliki etos kerja yang baik dan komitmen untuk melakukan sesuai kesepakatan, perusahaan kemungkinan besar akan mempekerjakanmu.

3. Apakah kamu punya catatan kriminal?

Sebagian besar pemberi kerja memiliki kekhawatiran tentang keamanan tempat kerja, kerahasiaan, dan pencurian. Karena itu, banyak perusahaan ingin mengetahui apakah memiliki kamu memiliki catatan kriminal. Faktanya, beberapa perusahaan bahkan akan meminta pemeriksaan kartu kredit kamu sebelum mereka mempekerjakanmu. Beberapa perusahaan percaya bahwa memiliki kredit buruk membuat seseorang lebih mungkin untuk mencuri.

4. Apakah kamu termotivasi?

Seorang pemberi kerja mungkin dapat menemukan beberapa orang yang berbeda dengan keahlian untuk melakukan suatu pekerjaan. Namun, dia mungkin lebih suka mempekerjakan orang yang menunjukkan motivasi diri yang tinggi. Orang ini tidak membutuhkan dorongan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Dia memanfaatkan motivasinya sendiri untuk melakukannya dengan baik.

5. Apakah kamu rukun dengan orang lain?

Banyak pekerjaan memerlukan banyak kerja tim, dan bahkan pekerjaan yang tidak fokus pada tim memerlukan setidaknya beberapa interaksi dengan pelanggan, pekerja lain, dan penyelia. Untuk menjaga bisnis pada kinerja puncak, lingkungan kerja harus menyenangkan. Karena alasan ini, banyak perusahaan ingin tahu bahwa kamu memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kemampuan untuk bergaul dengan baik dengan orang lain. Jika kamu mudah marah atau antisosial, beberapa perusahaan akan enggan mempekerjakanmu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply