Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, December 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Lakukan Tidur Siang di Kantor

Topcareer.id – Tidur siang di tempat kerja memang bisa memberikan manfaat kesehatan dan produktivitas, seperti mengurangi kelelahan dan meningkatkan waktu reaksi, menurut MayoClinic.

Namun, ada beberapa potensi kerugian dari tidur siang di tempat kerja. Bahkan jika kamu diijinkan atasan untuk tidur siang di kantor, pertimbangkanlah hal berikut ini.

Tempat Tidur

Tidur siang bisa produktif jika kamu benar-benar bisa mendapatkan waktu istirahat yang baik. Jika tidak ada tempat yang gelap dan tenang untuk tidur, kemungkinan besar tidur siangmu justru akan berantakan dan malah menambah rasa lelah serta membuatmu sulit tidur di malam hari. Jika kamu adalah tipe orang yang membutuhkan waktu untuk tertidur, kamu akan merasakan tidur siang di kantor akan lebih merepotkan daripada valuenya, terutama jika kamu perlu meluangkan waktu 20 menit untuk bisa tertidur dan kantor hanya mengalokasikan 30 menit untuk tidur siang.

Baca Juga: 8 Perusahaan Ini Berikan Karyawan Fasilitas untuk Tidur Siang (Bagian 1)

Waktu tidur

MayoClinic menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk tidur siang adalah antara jam 2 siang dan jam 3 sore. Jika kamu tidak bisa rutin menjalani bagian hari ini, kebiasaan tidur siang yang tidak menentu dapat membuat tubuh kamu sulit menyesuaikan diri dengan jadwal tidur yang bermanfaat. Jika kamu bekerja berdasarkan kewajiban harus selalu siap sedia untuk pelanggan, klien, atau kolega, tidur siang di tempat kerja dapat mengganggu produktivitas.

Persepsi

Tidur siang di tempat kerja dapat dianggap sebagai pemalas atau egois. Kamu mungkin memiliki rekan kerja yang akan menganggapmu mengambil keuntungan yang tidak adil atau mendapatkan perlakuan khusus jika diperbolehkan tidur siang di tempat kerja. Pelanggan atau klien yang datang atau menelepon selama periode tidur siang mungkin juga mempertanyakan profesionalisme kamu yang dapat berdampak negatif pada reputasimu dan reputasi perusahaan tempat kamu bekerja.

Meningkatnya kelelahan

Bagi sebagian orang, tidur siang bisa menyegarkan, tapi bagi yang lain, hal itu bisa jadi menyebabkan kantuk di siang hari dan membuatmu merasa kurang fit dibandingkan sebelum tidur siang. Jika kamu membutuhkan waktu untuk bangkit setelah tidur, bagian akhir hari kerjamu bisa melambat. Kamu mungkin merasa sulit untuk memfokuskan kembali dan menjadi kurang produktif.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply