Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

NASA: Ada 300 Juta Planet Berpotensi Layak Huni Seperti Bumi

Bumi. (dok. IDNTimes)

Topcareer.id – Menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA), galaksi kita dipenuhi dengan planet yang berpotensi dapat dihuni, setidaknya 300 juta di antaranya.

Teleskop Luar Angkasa Kepler milik badan antariksa AS menghabiskan sembilan tahun dalam misi berburu planet, dan berhasil mengidentifikasi ribuan exoplanet di galaksi kita sebelum kehabisan bahan bakar pada tahun 2018.

Ilmuwan di seluruh dunia meneliti data Kepler selama bertahun-tahun. Menurut penelitian yang dirilis di The Astronomical Journal, ada sekitar 300 juta dunia berpotensi dihuni di galaksi kita, yang berarti planet berbatu yang mampu mendukung air cair di permukaannya.

Menurut NASA dalam rilisnya, angka itu adalah perkiraan kasar di sisi konservatif, dan mungkin ada lebih banyak lagi. Beberapa dari planet ini mungkin cukup dekat untuk dianggap sebagai “tetangga antarbintang,” dengan catatan yang terdekat berjarak sekitar 20 tahun cahaya.

“Kepler sudah memberi tahu kami bahwa ada miliaran planet, tapi sekarang kami tahu sebagian besar planet itu mungkin berbatu dan dapat dihuni,” kata peneliti NASA dan penulis utama Steve Bryson dalam rilisnya, mengutip CNN.

“Meskipun hasil ini jauh dari nilai akhir, dan air di permukaan planet hanyalah salah satu dari banyak faktor yang mendukung kehidupan, sangat menarik bahwa kami menghitung bahwa dunia ini adalah umum dengan keyakinan dan presisi yang tinggi.”

Baca juga: Penelitian: Planet Mars Miliki Air Pertanda Adanya Kehidupan

Studi tersebut merupakan kolaborasi global antara ilmuwan NASA yang mengerjakan misi Kepler, dan peneliti dari lembaga internasional mulai dari Brasil hingga Denmark.

Ada sekitar 100 hingga 400 miliar bintang di galaksi Bima Sakti kita, menurut perkiraan NASA. Setiap bintang di langit mungkin memiliki setidaknya satu planet, yang artinya ada kemungkinan triliunan planet di luar sana, yang ditemukan dan terkonfirmasi beberapa ribu di antaranya.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi dapat tidaknya suatu planet mendukung kehidupan, termasuk atmosfer dan komposisi kimianya. Tetapi untuk mempersempit triliunan, para peneliti dalam studi ini berfokus pada beberapa persyaratan dasar.

Mereka mencari bintang yang umur dan suhunya mirip dengan matahari kita, jadi tidak akan terlalu panas atau aktif. Mereka juga mencari exoplanet dengan radius yang mirip dengan Bumi, dan memilih exoplanet yang kemungkinan besar berbatu.

Mereka juga mempertimbangkan jarak setiap planet dari bintangnya, sebagai contoh, terlalu dekat dan panas dapat menguapkan air, terlalu jauh dan air dapat membeku.

Planet yang layak huni harus berada di zona “tepat,” atau yang disebut zona Goldilocks, untuk mendukung air cair di permukaannya.**(Feb)

Leave a Reply