Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Atasi Perubahan Iklim, Newlight Tech Ciptakan Plastik Alternatif

Dok/Voice of Youth

Topcareer.id – Sebuah perusahaan teknologi asal California, AS, Newlight Tech telah mengembangkan alternatif plastik baru yang bisa membantu atasi masalah perubahan iklim.

Merek global termasuk Amazon (AMZN), McDonald’s (MCD), Ikea dan General Motors telah mengumumkan rencana ambisius mereka untuk menghilangkan plastik sekali pakai demi mengurangi emisi karbon.

Newlight Technologies berharap bisa membantu mempercepat proses itu semua dengan bahan biodegradable yang bisa dicetak seperti plastik.

Perusahaan ini telah menghabiskan lebih dari satu dekade mengembangkan bahan yang disebut AirCarbon, yang dikatakan berfungsi persis seperti plastik tetapi sepenuhnya dapat terurai secara hayati.

Newlight mengembangkan bahan tersebut menggunakan mikroorganisme yang ditemukan di lautan yang memakan metana dan karbon dioksida. Organisme mengubah gas tersebut menjadi polimer alami yang dapat dibentuk atau dicetak seperti plastik.

Baca juga: Akibat Perubahan Iklim, PBB Ingatkan Lebih Banyak Bencana Cuaca Tiap Tahun

“Kami menyebutnya AirCarbon karena udara dan karbonnya terlarut dalam air,” kata CEO Mark Herrema kepada Rachel Crane dari CNN. “Kami memiliki bubuk putih murni yang kemudian dapat kami cairkan dan bentuk di semua jenis bagian dan potongan.”

Fasilitas produksi baru perusahaan di Huntington Beach diisi dengan tangki air asin besar yang menciptakan kembali kondisi laut, memungkinkan organisme meniru proses pembuatan polimer tempat AirCarbon dapat diekstraksi.

Newlight baru-baru ini mulai meluncurkan rangkaian produk pertamanya yang terbuat dari bahan tersebut, meluncurkan dua merek ritel yang ditujukan untuk dua jenis industri paling berpolusi di dunia.

Merek peralatan makanan buatannya, Restore, menjual sedotan dan peralatan makan yang dapat terurai secara hayati, sedangkan merek fesyennya, Covalent, menjual tas tangan, dompet, dan kacamata hitam.

Dan karena proses pengembangan AirCarbon menggunakan gas dari atmosfer, produknya adalah karbon negatif, yang berarti mengeluarkan lebih banyak polutan daripada yang digunakan.

Newlight telah menerima sertifikasi negatif karbon untuk produknya dari pihak ketiga independen, termasuk Carbon Trust yang berbasis di Inggris dan firma sertifikasi lingkungan SCS Global Services. Itu juga telah diakui untuk inovasi ramah lingkungan oleh regulator AS seperti Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan Food and Drug Administration (FDA).**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply