Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ingat! Disiplin Protokol Kesehatan di Rumah Kunci Cegah Penyebaran Covid-19

Sumber foto: tidyhome.nu

Topcareer.id – Jika salah satu anggota keluarga aktif melakukan rutinitas keluar rumah, misal untuk bekerja ke kantor, maka pencegahan penyebaran Covid-19 harus dimulai dari rumah, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Jubir Kementerian Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Ratna Susianawati menuturkan untuk dapat memastikan keluarga terlindungi dari penyebaran Covid-19 dibutuhkan kesadaran dan peran seluruh anggota keluarga untuk saling melindungi satu sama lain dengan menerapkan protokol 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak).

“Keluarga harus bisa memainkan perannya dalam melindungi dengan menjadi agen sosialisasi penerapan protokol 3M dan protokol kesehatan keluarga,” kata Ratna dalam siaran pers, Jumat (6/11/2020).

Ia menambahkan, keluarga dan seluruh anggota di dalam rumah harus menjadi agen utama pelaku sosialisasi agar setiap individu tergerak dan bertanggung jawab menjalankan protokol kesehatan keluarga serta saling menjaga satu sama lain.

“Di sinilah peran ibu dalam keluarga menjadi pengawas yang memastikan keluarga aman dari Covid-19,” ucap Ratna melanjutkan.

Baca juga: AS Jadi Negara Pertama yang Tembus 10 juta Kasus COVID-19

Ratna menegaskan momentum sosialisasi protokol kesehatan keluarga menjadi pengingat pandemi Covid-19 belum usai, meski harapan setiap orang saat ini adalah pandemic segera berakhir. Dan yang paling dinantikan, yakni kembali ke tatanan kehidupan normal seperti sebelumnya.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan selalu menggunakan masker. Mari kita terus saling mengingatkan untuk menerapkan  protokol kesehatan keluarga, tak lupa juga untuk selalu ingat pesan ibu, ingat 3M,” jelas Ratna.

Sementara itu, Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian Rumah Sakit UNS, Tonang Dwi Ardyanto mengungkapkan pandemi belum selesai, mari saling menjaga, saling peduli, dan saling melindungi dengan selalu menerapkan protokol kesehatan terutama protokol kesehatan keluarga di dalam rumah.

“Tugas kita bersama agar selalu saling mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan 3M,” ujar Tonang.**(Feb)

Leave a Reply