Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, December 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Imunitas Lemah, Lansia Kelompok Rentan Covid-19 yang Butuh Perlindungan Khusus

Sumber gambar: homecareassistanceftlauderdale.com

Topcareer.id – Disiplin menerapkan protokol kesehatan dari rumah, akan sangat berperan penting dalam mencegah penyebaran Covid-19, apalagi bagi kelompok rentan seperti lansia. Kelompok ini perlu mendapat perhatian khusus lantaran imunitas tubuh yang mulai menurun sehingga rentan penyakit.

“Berdasarkan data keterpaparan Covid-19 pada kategori usia, mayoritas ada pada usia 19-45 tahun, akan tetapi jika dilihat dari angka kematian paling banyak ada pada kategori usia di atas 60 tahun atau lanjut usia,” kata Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian Rumah Sakit UNS, Tonang Dwi Ardyanto dalam siaran pers, Jumat (6/11/2020).

“Hal ini tentu harus menjadi perhatian kita semua dimana lansia yang termasuk kelompok rentan harus mendapatkan perlindungan khusus,” ujarnya.

Dalam kasus ini, lanjut Tonang, kesadaran dari anggota keluarga yang lebih muda untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak ternyata memberikan dampak positif yang cukup signifikan dalam penekanan angka penularan Covid-19.

Baca juga: 3 Kebiasaan Ini Dapat Turunkan Risiko Penularan Covid-19 Hingga 0%

Tonang menambahkan terjadinya kasus konfirmasi kematian yang tinggi pada lansia disebabkan oleh faktor imunologi yang sudah melemah.

“Pada kasus lansia terjadi respons imun yang cukup kuat akan tetapi karena faktor usia dan penyakit bawaan menyebabkan imun pada lansia melemah dan tidak bisa melawan virus,” ucap dia.

Menurutnya, itu berbeda dengan kasus pada anak, di mana imun yang mereka miliki masih kuat sehingga bisa dengan berjalannya waktu melawan virus yang masuk ke tubuh mereka.

“Inilah faktor yang mempengaruhi angka kematian pada kasus konfirmasi lansia cukup tinggi dibandingkan dengan usia di bawah 60 tahun,” tambah Tonang.**(Feb)

Leave a Reply