Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Tantangan yang Dihadapi Tenaga Kesehatan saat Perangi Covid-19

Komandan lapangan RSDC Wisma Atlet Letkol Laut Muhamad Arifin (kedua dari kiri), Dokter RSDC Wisma Atlet, dr. Aulia Giffarinnisa dan Perawat RSDC Wisma Atlet Lia Gustina, Amd.Kep menjadi pembicara dalam dialog produktif bertema Berjuang dan Berbakti Menyembuhkan Negeri Dari Pandemi

Topcareer.id – Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, Muhammad Arifin membeberkan tantangan yang dihadapi para pahlawan di masa pandemi saat berjuang melawan virus corona.

Arifin menyebutkan banyaknya pasien yang memiliki beragam latar belakang hingga pemahaman penerapan protokol kesehatan yang rendah, menjadi tantangan pertama selama ia bertugas.

Belum lagi tekanan pada diri pasien karena berkali-kali diuji Swab, namun tidak menunjukkan hasil yang baik.

“Gangguan secara mental ini membuat banyak pasien stress hingga timbul keinginan untuk bunuh diri dalam benak pasien COVID-19,” ujarnya secara virtual, pada Selasa (11/11/2020).

Pada kesempatan yang sama dokter muda, dr. Aulia Giffarinnisa, mengatakan penggunaan Alat Perlindungan Diri (APD) juga menjadi tantangan yang cukup menyulitkan selaama pandemi ini.

“Bekerja selama 8-9 jam menggunakan APD, memang capek dan melelahkan. Persoalannya energi kita terkuras. Satu, karena panas, kedua perlu mengatur napas, soalnya pakaian APD dirangkap-rangkap, terus tertutup semua,” ungkap perempuan asal Sulawesi Selatan itu.

Oleh karena itu, Aulia menegaskan pentingnya sinergi yang kuat bersama masyarakat, agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply