Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lima Manfaat Mengesankan Buah Apel untuk Kesehatan

Buah Apel

Topcareer.id – Yang sudah kita ketahui semua buah-buahan baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, apel salah satunya. Apel merupakan buah yang paling populer, dan untuk alasan yang bagus apel memiliki manfaat yang mengesankan untuk kesehatan.

Berikut 5 manfaat apel bagi kesehatan berdasar penelitian, dikutip dari laman Healthline.

1. Apel buah bernutrisi

Apel ukuran sedang, dengan diameter sekitar 3 inci (7,6 cm), sama dengan 1,5 cangkir buah. Dua cangkir buah setiap hari direkomendasikan untuk diet 2.000 kalori. Satu apel berukuran sedang – 6,4 ons atau 182 gram – menawarkan nutrisi berikut: 95 Kalori, 25 gram karbohidrat, 4 gram serat, 14% Vitamin C dari Reference Daily Intake (RDI), kalium 6% dari RDI, Vitamin K 5% dari RDI

Terlebih lagi, porsi yang sama menyediakan 2–4% RDI untuk mangan, tembaga, dan vitamin A, E, B1, B2, dan B6.

2. Apel mungkin baik untuk menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan irisan apel sebelum makan merasa lebih kenyang dibandingkan mereka yang mengonsumsi saus apel, jus apel, atau tidak ada produk apel. Dalam studi yang sama, mereka yang memulai makan dengan irisan apel juga makan rata-rata 200 kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

Baca Juga: Sayur dan Buah Ini Disebut Sebagai Asupan Anti Penuaan Terbaik

Peneliti berpikir bahwa apel lebih mengenyangkan karena kurang padat energi, namun tetap menghasilkan serat dan volume. Selain itu, beberapa senyawa alami di dalamnya dapat meningkatkan penurunan berat badan.

3. Apel mungkin baik untuk jantung

Apel telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Salah satu alasannya mungkin karena apel mengandung serat larut – jenis yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Apel juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan. Banyak di antaranya terkonsentrasi di kulitnya. Salah satu polifenol tersebut adalah flavonoid epicatechin, yang dapat menurunkan tekanan darah. Analisis penelitian menemukan bahwa asupan flavonoid yang tinggi dikaitkan dengan risiko stroke 20% lebih rendah.

4. Apel terkait dengan risiko diabetes yang lebih rendah

Beberapa penelitian telah mengaitkan makan apel dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Dalam sebuah penelitian besar, makan apel sehari dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 28% lebih rendah, dibandingkan dengan tidak makan apel. Bahkan makan hanya beberapa apel per minggu memiliki efek perlindungan yang sama.

Ada kemungkinan polifenol dalam apel membantu mencegah kerusakan jaringan pada sel beta di pankreas. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh dan sering kali rusak pada penderita diabetes tipe 2.

5. Zat dalam apel dapat membantu mencegah kanker

Studi tabung reaksi telah menunjukkan hubungan antara senyawa tanaman dalam apel dan risiko kanker yang lebih rendah. Selain itu, satu penelitian pada wanita melaporkan bahwa makan apel dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih rendah akibat kanker.

Para ilmuwan percaya bahwa efek antioksidan dan anti-inflamasi mereka mungkin bertanggung jawab atas efek pencegahan kanker potensial mereka.**(RW)

Leave a Reply