Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Makanan Ini Bikin Kamu Sehat dan Bahagia Serta Bersemangat Seketika (Bagian 2)

Madu. (dok. infect)

Topcareer.id – Jujur saja, banyak sekali makanan sehat terlihat membosankan. Walaupun makanan itu penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Tapi di mana asyiknya? Pasti kamu akan merasa lebih bahagia jika menggigit es krim atau burger daripada salad yang hambar.

Faktanya, beberapa makanan dirancang untuk meretas tubuh kamu agar merasa bahagia. Walaupun sayuran juga masuk dalam daftar, namun tidak semuanya sayuran.

Mari lihat 10 makanan yang bisa membuatmu sehat dan bahagia sekaligus menyenangkan untuk dimakan!

Bagian kedua dari artikel:

6. Cokelat

Foto Ilustrasi Coklat (istock)

Ada alasan mengapa kamu akan merasa bahagia dan puas setelah menikmati cokelat. Itu karena sekelompok bahan kimia yang ditemukan dalam cokelat yang disebut N-acyclethanoloamine. Mereka merangsang saluran di otak untuk melepaskan endorfin, suatu bahan kimia penghilang rasa sakit dan perasaan senang di tubuh. Perasaan senang sangat penting untuk menjaga sistem kardiovaskular. Terlepas dari manfaat kesehatannya, kamu tidak boleh mengkonsumsi cokelat secara berlebihan. Moderasi adalah kuncinya. Jangan jadi gila.

7. Cabai

Cabai

Ini mungkin terdengar tidak masuk akal, terutama bagi mereka yang bukan penggemar makanan pedas. Tapi percaya atau tidak, makanan panas bisa membuatmu bahagia. Ini semua berkat sedikit senyawa kimia yang disebut capsaicin, yang memberikan rasa panas pada cabai. Ketika kamu makan pedas, capasicin menempel pada reseptor rasa sakit di selaput lendir mulut dan hidung. Selanjutnya, otak diberi tahu bahwa ia sedang sakit, sehingga otak melepaskan endorfin.

8. Madu

Madu

Camilan manis ini jauh lebih sehat daripada gula, madu juga dapat berdampak positif pada suasana hati. Ini karena madu mengandung kaempferol dan quercetin, bahan kimia yang mengurangi peradangan di otak dan karenanya membantu mencegah depresi.

9. Kopi

Kopi

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kopi memberikan banyak manfaat selain meningkatkan energi. Minum satu hingga dua cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi gejala depresi. Kafein tidak hanya menstimulasi sistem saraf pusat tetapi dapat bertindak sebagai antidepresan ringan dengan meningkatkan produksi neurotransmiter tertentu di otak, termasuk serotonin, dopamin, dan noradrenalin, menurut Harvard School of Public Health.

10. Pasta

Pasta

Pasta meskipun mengandung banyak karbohidrat ternyata juga bisa baik buat kamu. Karbohidrat itu bagus karena melepaskan energi secara perlahan sekaligus membantu kamu merasa kenyang dan puas. Selain itu, pasta kaya akan protein yang mengandung dua asam amino penting yakni L-fenilalanin dan trytophan. Ini membantu meningkatkan mood. Tapi kembali lagi untuk diingat, jangan dikonsumsi secara berlebihan ya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply