Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Peneliti Sebut Aturan Diet Orang Jepang Ini Membantumu Panjang Umur

Foto Ilustrasi Diet (Pixabay)

Topcareer.id – Jika ingin hidup berumur panjang, cobalah melakukan pola hidup seperti orang yang pernah hidup hingga 100 tahun (centenarian). Salah satu kawasan yang bisa ditiru untuk memiliki umur panjang, yakni Okinawa, Jepang.

Salah satu Zona Biru Dunia ini terkenal sebagai tempat di mana orang hidup berumur panjang, sehat dan bahagia. Untuk setiap 100.000 penduduk, Okinawa memiliki 68 centenarian.

Makan dengan perhatian penuh, niat dan kesadaran adalah salah satu karakteristik penting yang telah terbukti membantu tingkat umur panjang di antara orang Okinawa.

‘Hara hachi bu’: Semuanya secukupnya

Baca Juga: Tips Diet Sehat Bagi Kamu yang Punya Berat Badan Berlebih

“Jika kamu pernah cukup beruntung untuk makan dengan seorang tetua Okinawa, kamu pasti pernah mendengar mereka melafalkan kalimat yang terinspirasi Konfusianisme sebelum memulai makan: “Hara hachi bu” – pengingat untuk berhenti makan saat perut mereka sudah 80% penuh,” tulis Dan Buettner, peneliti umur panjang dalam CNBC Make It.

Penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkan sekitar 15 hingga 20 menit bagi otak untuk mencatat bahwa perutmu telah mencapai kapasitasnya. Dan makan perlahan, dengan mempraktikkan ‘hara hachi bu,’ membantu memperpendek kondisi ini.

“Dengan kata lain, jika kamu berhenti makan saat kamu merasa sudah 80% kenyang, kemungkinan besar kamu sebenarnya sudah 100% kenyang (kamu belum mengetahuinya).”

Apa yang kamu makan juga penting

Orang tua Okinawa menerapkan pola makan nabati, dengan makanan mereka kebanyakan terdiri dari kacang goreng, bayam, sawi, ubi jalar, dan tahu, yang semuanya kaya akan nutrisi.

Goya adalah makanan pokok populer lainnya. Juga dikenal sebagai “pare”, goya kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan sistem kekebalan untuk membantu melawan virus.

Baca Juga: Penelitian: Ini Cara Manjur Dapatkan Hasil Maksimal Saat Diet

Meskipun orang Okinawa makan daging babi, ikan, dan daging lainnya, ini biasanya merupakan komponen kecil dari keseluruhan konsumsi mereka.

Menerapkan ‘hara hachi bu’ ke dalam praktik

Berikut empat langkah mudah untuk kamu mulai:

– Jangan terobsesi dengan asupan kalori atau penurunan berat badan

Cara Okinawa adalah melakukan semua hal dengan tidak berlebihan. Saat kamu makan, latih perhatian penuh dengan mendengarkan tubuhmu.

– Makan perlahan

Makan lebih cepat menghasilkan makan lebih banyak. Perlambat agar tubuhmu merespons isyarat, yang memberi tahu kita bahwa kita tidak lagi lapar.

– Fokus pada makanan

Matikan TV dan jauhkan semua perangkat digital dari lingkungan makanmu. Kamu tidak akan terlalu terganggu, makan lebih sedikit, dan lebih menikmati makanan.

– Gunakan wadah kecil

Pilihlah untuk makan di piring kecil dan gunakan gelas tinggi dan sempit. Kamu mungkin akan makan lebih sedikit tanpa memikirkannya.**(RW)

Leave a Reply