Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Yuk, Terapkan Gaya Hidup Sehat di Rumah selama Pandemi

Young woman sleeping on sofa at home

Topcareer.id – Pandemi Covid-19 telah mengubah rutinitas harian. Banyak orang masih lebih memilih berada di rumah saja untuk meminimalkan eksposur.

Terisolasi dan hanya berada di rumah dapat menjadi tantangan di saat-saat di mana kita harus menjaga jarak sosial dan isolasi diri.

Pergeseran gaya hidup yang belum pernah terjadi sebelumnya ini juga memiliki potensi normalisasi gaya hidup yang lebih tidak banyak bergerak dan kurang baik bagi kesehatan.

Jadi, apa saja yang bisa dilakukan untuk mempertahankan gaya hidup dan rutinitas yang sehat? Beberapa jawaban di bawah ini bisa jadi pilihan.

Tetap aktif
Gym mungkin belum semua buka, namun, ada banyak alternatif aman untuk melakukan aktivitas fisik di rumah. Aerobik bisa dilakukan di rumah. Jalan-jalan cepat atau jogging di luar ruangan di sekitar rumah masih dianggap relatif aman. Push-up, sit-up, jumping-jack adalah beberapa cara yang bagus untuk menjaga kebugaran tanpa harus ke gym.

Tidur cukup
Tidur yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Tidur cukup bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dalam membentuk pertahanan diri dari serangan penyakit. Direkomendasikan tidur sekitar tujuh jam atau lebih per malam bagi orang dewasa.

Diet dan nutrisi
Mempraktikkan disiplin diri dan menghindari “makan secara emosional” karena stres yang mungkin terkait dengan perubahan situasi yang drastis akibat pandemi sangatlah penting. Makanan utuh seperti sayuran hijau tua, jeruk dan tomat, serat, serta mineral sangat baik untuk dikonsumsi. Cobalah makan lebih banyak makanan bergizi utuh daripada camilan olahan atau makanan cepat saji.

Perawatan diri
Luangkan waktu untuk merawat diri sendiri. Bersikaplah suportif dan sarankan hal yang sama untuk orang-orang yang dekat dengan kamu. Meditasi, relaksasi, waktu berkualitas bersama keluarga atau pasangan, hingga perawatan pribadi bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Merawat kesehatan
Jika kamu memiliki obat yang diresepkan untuk kondisi apa pun, pastikan untuk meminumnya seperti yang diarahkan oleh petunjuknya. Pastikan untuk menghubungi tim perawatan kesehatan dengan masalah apa pun juga. Di era Covid-19, solusi konsultasi via telepon banyak tersedia jika kamu ingin berbicara tentang masalah kesehatan.

Atasi stres dan kecemasan
Mekanisme penanggulangan stres dan kecemasan mencakup latihan, meditasi, membaca, mengembangkan lebih lanjut suatu keterampilan atau hobi tertentu, dll. Gunakan momen pandemi ini untuk meningkatkan repetisi kegiatan positif harian kamu dan kembangkan rutinitas baru yang lebih baik.

Tetap terhubung
Berbicara dengan orang yang dicintai atau keluarga dekat yang terpisah saat terisolasi, dapat membantu mengurangi kecemasan dan perasaan sedih. Luangkan waktu untuk memanfaatkan banyak teknologi dan aplikasi yang dapat membantumu tetap berhubungan dengan orang yang kamu cintai.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply