Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Empat Cara Tetap Sehat Mental untuk Orang Tanpa Gejala Covid-19

Ilustrasi

Topcareer.id – Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), munculnya pandemi menimbulkan stres pada berbagai lapisan masyarakat. Orang yang tak terinfeksi saja bisa alami stress pandemi, pun bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) yang memiliki risiko tertular dari orang konfirmasi Covid-19.

Orang tanpa gejala (OTG) memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi Covid-19. Menurut Pedoman Dukungan Kesehatan Jiwa Dan Psikososial Pada Pandemi Covid-19 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan, berikut upaya dukungan kesehatan jiwa dan psikososial pada OTG.

1. Mengurangi stresor

Cara ini bisa dilakukan dengan mengurangi membuka media sosial terutama tentang Covid-19. Dan berusaha untuk mendapatkan informasi yang benar tentang Covid-19.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Rentan Alami Stress Usai Sembuh

Lakukan relaksasi fisik dengan cara menarik napas dalam secara beraturan. Melakukan Progressive Muscle Relaxation (Relaksasi Otot Progresif), serta olah raga secara rutin.

3. Berpikir positif

 – Lakukan afirmasi/positive self talk, mengucapkan pernyataan pernyataan positif tentang diri sendiri, keluarga, kehidupan, dan lain-lain.

– Hipnotik 5 jari, menggunakan kelima jari untuk memikirkan hal yang positif, satukan jempol dan telunjuk sambil membayangkan kondisi tubuh yang sehat, jempol dengan jari tengah sambil membayangkan orang-orang yang sayang dan perhatian.

Lalu jempol dengan jari manis sambil membayang prestasi, penghargaan dan pujian yang pernah dialami, jempol dengan kelingking sambil membayangkan tempat yang paling indah yang pernah dikunjungi sambil membayangkan keindahannya.

– Penghentian pikiran, jika ada pikiran negative yang mengganggu jangan biarkan berlama-lama langsung katakan stop.

4. Mempertahankan dan meningkatkan hubungan interpersonal

Cobalah untuk saling menyapa, memberi pujian atau penghargaan dan harapan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Berbagi cerita positif/let’s talk melalui media sosial. Kamu juga bisa mencoba berbagi perasaan dan pikiran pada orang yang dapat dipercaya

Mempertahankan dan meningkatkan komunikasi antar anggota keluarga dengan kasih sayang, rasa hormat dan saling menghargai dalam keluarga. Membangun jaringan sosial dalam memenuhi kebutuhan dasar di antaranya pangan, sandang, dan papan.

“Jika dengan cara tersebut tidak dapat teratasi dapat menghubungi tim kesehatan jiwa di antaranya psikiater, psikolog klinis, psikolog, perawat jiwa, ahli kesehatan masyarakat, pekerja sosial dan relawan jiwa.”**(RW)

Leave a Reply