Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

2 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menolong Karier di Saat Pandemi

Sumber foto: USS Feeds

Topcareer.id – Tak diragukan lagi, pandemi membuat angka pengangguran bertambah, sementara persaingan kerja di dunia usaha semakin ketat. Lantas apa yang harus dilakukan untuk mengamankan dan menolong karier di masa pandemi?

Menurut penulis manajemen terlaris, jurnalis bisnis, dan kontributor CNBC, Suzy Welch, ada banyak persaingan untuk mendapatkan pekerjaan saat ini. Jadi, jika kamu menganggur, kata dia, sekaranglah waktunya untuk meningkatkan permainanmu.

Untuk membantu membedakan dirimu dari orang lain, Welch merekomendasikan untuk mengambil dua langkah penting. Pertama, gunakan waktu luang selama pandemi untuk mendapatkan pengetahuan dan mempelajari keterampilan baru. Kedua, gunakan waktu henti tambahan yang mungkin kamu miliki untuk menjual sesuatu.

“Akan tiba waktunya ketika kamu akhirnya diwawancarai lagi, dan kamu akan diminta untuk menjelaskan bagaimana kamu menghabiskan masa pandemi. Jawabanmu bisa memiliki kekuatan untuk memberimu pekerjaan yang kamu inginkan atau merusak peluang,” katanya dalam CNBC Make It.

Memperoleh pengetahuan dan keterampilan

Rekomendasi pertama Welch, ikut kelas atau kembangkan keterampilan. Tampaknya ada kelas untuk setiap bidang akhir-akhir ini, mulai dari desain grafis, UI/UX, hingga manajemen perawatan kesehatan, dan kamu dapat mengambilnya secara online. “Kelas digital ada di mana-mana dan datang dalam berbagai variasi,” kata Welch.

“Sebutkan industrinya, sebutkan levelnya, sebutkan waktu dan biayanya. Ada kelas untukmu,” kata Welch. Saat ini, cobalah mencari kursus yang akan memperkuat otak dan resumemu.

Baca juga: Manfaat Dark Chocolate untuk Kesehatan Fisik dan Mentalmu di Masa Pandemi

Menemukan cara untuk ‘menjual sesuatu’

Pada pandangan pertama, nasihat kedua dari Welch, menjual sesuatu mungkin tampak tidak berlaku bagi mereka yang berada di luar posisi penjualan. Tetapi Welch mengatakan itu adalah keterampilan yang penting untuk dimiliki. Dan jika kamu tidak bekerja saat ini, mungkin ada baiknya menemukan cara untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman penjualanmu.

“Saya telah mengatakan ini sebelumnya dan saya akan dengan senang hati mengatakannya lagi karena saya sangat percaya, setiap pekerjaan, apa pun itu, melibatkan penjualan. Kamu harus menjual idemu atau caramu melakukan pekerjaan. Kamu harus menjual agar orang mempercayaimu dan menyukaimu. Itu bisnis,” jelas Welch.

Setiap atasan yang berpengalaman mengetahui hal ini, itulah sebabnya banyak (termasuk Welch) memeriksa setiap resume untuk mencari bukti bahwa seorang kandidat, entah di mana, telah menjual sesuatu.

“Ini adalah indikator utama bahwa seorang kandidat telah mempelajari keramaian, kerendahan hati, empati, dan ketabahan,” katanya.

Kamu mungkin berpikir bahwa kamu tidak punya apa-apa untuk dijual. Menurut Welch itu tidak benar. Selama pandemi, Welch mengatakan dia melihat orang-orang menjual pelajaran gitar, bimbingan tata bahasa, dan bahkan layanan belanja bahan makanan.

“Jika kamu hanya menghabiskan waktu, gali lebih dalam untuk mencari tahu apa yang dapat kamu jual untuk saat ini dan dapatkan pengalaman yang baik, yang buruk, dan yang paling buruk, dengan menempatkan dirimu di luar sana,” katanya.**(Feb)

Leave a Reply