Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Survei : Selama Pandemi, 88 Persen Perusahaan Merugi

Ilustrasi: Smart Money

Topcareer.id – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melakukan survei terhadap 1.105 perusahaan untuk mengetahui dampak yang timbul dari pandemi ini.

Hasil survei itu menunjukkan 9 dari 10 perusahaan di Indonesia terdampak langsung pandemi Covid-19 dan ada sekitar 88% perusahaan yang mengaku merugi selama enam bulan terakhir ini.

“Kerugian tersebut umumnya disebabkan penjualan menurun, sehingga produksi harus dikurangi. Perusahaan yang terdampak terbesar, yakni penyediaan akomodasi makan dan minum, real estate dan konstruksi,” ujar Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono di Jakarta, Selasa (24/11/2020).

Meski demikian, sebagian besar perusahaan tersebut tetap mempekerjakan pekerjanya. Dan hanya terdapat 17,8 persen perusahaan yang memberlakukan pemutusan hubungan kerja, 25,6 persen perusahaan yang merumahkan pekerjanya dan 10 persen yang melakukan keduanya.

Oleh karena itu, Bambang mengajak perusahaan dan pekerja untuk melek teknologi dan komunikasi. Mengingat setelah masa pandemi, work form home/teleworking mungkin menjadi pilihan utama bagi perusahaan, sehingga menjadi lebih fleksibel.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply